Breaking News:

PON XX Papua

Ancaman KKB di Papua, Kepala Binpres KONI Bali: Atlet yang Tak Punya Mental Juara Pasti Down

Ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua tentu memengaruhi mental atlet, pelatih, dan semua pihak yang akan bertanding di PON XX Papua tahu

Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Nyoman Yamadhiputra saat ditemui Tribun Bali di KONI Bali, Denpasar, Bali beberapa waktu lalu. Ancaman KKB di Papua, Kepala Binpres KONI Bali: Atlet yang Tak Punya Mental Juara Pasti Down 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Marianus Seran 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua tentu memengaruhi mental atlet, pelatih, dan semua pihak yang akan bertanding di PON XX Papua tahun 2021, pada 2 Oktober mendatang. 

Meski arena kegiatan jauh dari ancaman KKB, namun masih berada di satu wilayah Papua.

Atlet bertanding penuh khawatir. 

KONI Bali sejak dini telah mewanti-wanti para atlet, pelatih dan official agar hadir di sana dengan mental juara dan puputan. 

Berat Jalani PON XX di Papua, Ketua KONI: Kontingen Bali Harus Puputan

"Atlet yang tidak punya mental juara, pasti down tapi atlet yang punya mental juara, tidak akan terpengaruh dengan hal-hal itu," tegas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Bali I Nyoman Yamadhiputra

Sementara itu, Ketua KONI Bali Ketut Suwandi, sejak awal telah memotivasi para atlet Bali yang tengah menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) Bali, bahwa jangan mengeluh dengan keadaan. 

"Hal  yang utama adalah kesehatan, kalau sudah gak sehat, ditambah mengeluh dengan keadaan dan tidak percaya diri pasti sulit berprestasi," kata Ketut Suwandi. 

Potensi Raihan Medali Kontingen Bali di PON XX Papua 

Ia mengibaratkan seorang atlet sama seperti para pejuang (tentara/polri). 

"Kalau tentara diutus ke medan perang, tujuannya hanya satu yakni menang. Apapun situasinya tak pernah dipikirkan," tambah Suwandi. 

Bagi pria asal Badung ini, mental pejuang Puputan harus dibangun sejak persiapan agar terbawa saat berlaga membawa nama Bali di Papua. 

"Mental pejuang dibangun saat ini karena bukan hanya Bali yang akan berada di sana bertanding dalam situasi seperti ini," katanya.

Jelang PON Papua, Pengurus KONI Bali Menginap di Pura Agung Surya Bhuyana Jayapura, Tidur Lesehan

Ketut Suwandi tak ingin mengomentari terkait ancaman KKB di Papua yang menjadi lokasi PON XX.

Menurut dia, hal itu merupakan kewenangan pemerintah untuk melindungi warganya. (*) 

 Ikuti berita terkait PON XX Papua

Penulis: Marianus Seran
Editor: M. Firdian Sani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved