Breaking News:

Berita Badung

Alami Mati Mesin, 3 Nelayan Tradisional Terapung-apung di Perairan Selatan Uluwatu Badung

Kejadian yang terjadi di Perairan Pantai Geger, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung tersebut berlangsung pada Minggu 2 Mei 2021.

Basarnas Bali
Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi tiga orang nelayan yang terapung-apung di tengah laut di wilayah perairan Pantai Geger, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung yang berlangsung pada Minggu 2 Mei 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Tiga nelayan tradisional tiba-tiba panik saat mesin kapal jenis jukung mati di tengah laut.

Kejadian yang terjadi di Perairan Pantai Geger, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung tersebut berlangsung pada Minggu 2 Mei 2021.

Nelayan yang diketahui tengah melaut untuk mencari ikan tersebut tiba-tiba mengalami mati mesin pada kapalnya sekitar pukul 13.10 wita.

Tim SAR Gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar atau Basarnas Bali kemudian menerima laporan dari pemilik jukung.

Baca juga: Keberadaan Subak di Badung Semakin Diperkuat, Pasedahan Agung Buatkan Awig-Awig

Tim SAR mendapatkan informasi untuk membantu mengevakuasi tiga orang nelayan tersebut kurang lebih satu jam setelah kejadian.

"Kami terima informasi dari pemilik jukung sekitar pukul 14.20 wita, yang meminta bantuan pencarian," ujar Gede Darmada selaku Kepala Kantor Basarnas Bali, Minggu 2 Mei 2021.

Gede Darmada menjelaskan lebih lanjut, perkiraan posisi jukung yang dibawa tiga orang nelayan masing-masing Budiana (41), Tedy (53) dan Purnomo (29).

Diketahui jika ketiga orang yang berasal dari Denpasar tersebut terapung-apung di sebelah selatan Uluwatu, Jimbaran, Badung.

Selanjutnya sembilan orang rescuer yang mendapat panggilan penyelamatan langsung diberangkatkan menuju Pelabuhan Benoa.

Satu unit Rigit Inflatable Boat (RIB) kemudian diterjukan ke lokasi posisi jukung yang mati mesin tersebut sekitar pukul 14.40 wita.

"Tim menemukan target pada posisi 8°49'217"S - 115°13'521"E dalam keadaan selamat pada pukul 15.05 wita," tambah Gede Darmada.

Setelah berhasil diselamatkan, ketiga nelayan yang terapung-apung diatas jukung, kemudian digiring menuju Pelabuhan Benoa beserta jukung yang mengalami mati mesin.(*)

Artikel lainnya di Berita Badung

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved