Breaking News:

Berita Bali

Selain Berpameran, Peserta Pameran IKM Bali Bangkit 2021 Tahap II Juga Diberikan Pelatihan Wirausaha

Tema 'Perak' pun sengaja dihadirkan guna menonjolkan  kerajinan perak serta membangkitkan kembali semangat pengrajin perak Bali untuk berproduksi

Tribun Bali/Rizal Fanany
Pengrajin menunjukkan kerajinan perak dalam Pameran IKM Bali Bangkit 2021 tahap II di Taman Budaya Art Center, Denpasar, Minggu 2 Mei 2021. Kegiatan ini selain ajang memamerkan produk juga sebagai ajang mengedukasi para IKM. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terhitung sejak 27 April 2021, pameran IKM Bali Bangkit 2021 Tahap II digelar di Taman Budaya Provinsi Bali-Art Center.

Tema 'Perak' pun sengaja dihadirkan guna menonjolkan  kerajinan perak serta membangkitkan kembali semangat pengrajin perak Bali untuk berproduksi sesuai dengan kekhasan dan keunikannya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Provinsi Bali  yang juga Ketua Harian Dekranasda Bali, I Wayan Jatra kepada Tribun Bali menyebut bahwa para IKM yang berpartisipasi dalam Pameran  tidak hanya semata-mata untuk memamerkan produk-produknya, namun juga sebagai ajang meraih edukasi.

"Para IKM disini kami latih dan bina dalam hal pemasaran secara online, menggunakan transaksi non tunai melalui QRIS sampai dengan bagaimana mengelola bisnis dengan baik dan benar.

Baca juga: Angkat Tema Perak, Pameran IKM Bali Bangkit 2021 Tahap II Diikuti 80 IKM dan 13 Tenan Kuliner

Justru itu semua yang menjadi penekanan kami selama pameran berlangsung," sebutnya.

Menurutnya, selama berpameran, IKM yang berjumlah 90an tersebut nantinya juga dapat mempelajari serta menyerap aspirasi masyarakat akan keinginan produk yang saat ini sedang tren.

Di pameran ini pula, akan dijumpai beberapa IKM yang juga mengikuti pameran sebelumnya.

I Wayan Jatra menyebut bahwa hal tersebut sengaja pihaknya lakukan dengan tujuan agar IKM tersebut bisa menjadi role model bagi IKM yang baru berpatisipasi dalam Pameran IKM Bali Bangkit 2021 Tahap II.

"Meskipun pasar sedang turun, tapi disinilah momennya para IKM untuk berinovasi. Agar ketika pandemi sudah berakhir, mereka tidak lagi seperti baru bangun.

Halaman
12
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved