Breaking News:

Berita Bali

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bali Sebut Indeks Kerukunan Bali di Atas Rata-rata Nasional

"Kehidupan toleransi umat beragama di Bali sudah sangat baik sekali. Terbukti dengan rata-rata Indeks Kerukunan Umat Beragama kita yang berada no. 3"

Tribun Bali/Harun Ar Rasyid
Acara Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Agama Buddha Therav?da Indonesia (Magabudhi) Provinsi Bali masa bakti 2020 - 2025 berlangsung di Dhammahall, Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar, Bali, Minggu 2 Mei 2021 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kehidupan toleransi umat beragama menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bali sudah sangat baik sekali.

Hal ini Ia sampaikan kala menghadiri acara pelantikan pengurus Magabudhi Provinsi Bali masa bakti 2020 - 2025 berlangsung di Dhammahall,  Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar. 

Dalam keterangan yang Ia sampaikan seusai prosesi pelantikan, ia menjelaskan bahwa indeks kerukunan umat beragama di Bali diatas rata-rata Nasional.

"Kehidupan toleransi umat beragama di Bali sudah sangat baik sekali. Terbukti dengan rata-rata Indeks Kerukunan Umat Beragama kita yang berada di nomor 3 ya, diatas rata-rata Nasional, artinya apa? Kalau indeks kerukunan umat beragama kita diatas rata-rata nasional, artinya keharmonisan  dan toleransi umat beragama di Bali sudah terjaga." Ujar Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag., M.SI. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali pada Minggu 2 April 2021.

Perihal pelantikan pengurus baru Magabudhi masa bakti 2020 - 2025, sesuai tema pelantikan yaitu ‘Tulus Mengabdi, Tiada Henti’ Kakanwil Kemenag berharap pengurus baru ini bisa mewujudkan Umat Buddha yang sejahtera, rukun, dan damai.

Kapolda Bali Silaturahmi dengan Tokoh Lintas Agama, Beri Pesan Kerukunan & Toleransi Terus Terjalin

Wujud Kerukunan dan Toleransi, Masjid Al-Hikmah Bagikan Daging Kurban ke Muslim dan Non-Muslim

PWNU Bali Silaturrahmi ke Anggota DPD RI untuk Pererat Kerukunan Umat Beragama

Sesuai dengan himbaun dari Pemerintah, Kakanwil Kemenag menyampaikan kepada seluruh Umat Buddha di Bali untuk terus menjalankan 5M.

Yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Ketua Umum PP Magabudhi  Pdt. Dharmandi Chandra, SE, yang turut hadir dalam acara tersebut juga memberikan keterangan perihal penyesuaian kegiatan Ibadah umat Buddha di tengah pandemi covid-19.

Dirinya percaya dengan apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah.

Namun Ia menekankan dan mempertanyakan sikap masyarakat, apakah  sebagai masyarakat kita bisa patuh atau tidak.

"Kalau seandainya kita semua patuh terhadap apa yang telah menjadi himbauan, patuh terhadap protokol kesehatan, saya yakin covid itu bisa diatasi. Covid itu hal yang bisa diatasi, semua hal bisa kita atasi. Tapi, mau gak kita kerja sama? Tolong menolong?" Jelas Ketua Umum PP Magabudhi.

Ia menambahkan, permasalahan Covid-19 merupakan masalah bersama dan dirinya meyakini bahwa dengan sinergitas semua golongan covid-19 bisa diatasi.

Acara pelantikan pengurus Magabudhi Provinsi Bali  berlangsung di Dhammahall,  Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar meresmikan 11 orang pengurus baru Magabudhi Provinsi Bali.

Dalam kepengurusan yang baru ini, PMd. Oscar Naib Wanouw terpilih menjadi  ketua terpilih dalam kepengurusan Magabudhi Provinsi Bali masa bakti 2020 - 2025.

Penulis: Harun Ar Rasyid
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved