Breaking News:

Dua Terminal Ini Layani Bus AKAP dengan Stiker Khusus Selama Masa Larangan Mudik

Kedua terminal itu dioperasikan untuk mengakomodir masyarakat yang harus melakukan perjalanan keluar Jabodetabek dengan kepentingan mendesak.

dephub.go.id
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Budi menegaskan bahwa bus dengan stiker khusus bukan melayani pemudik. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan aturan terkait operasional bus AKAP (antar kota antar provinsi) dengan stiker khusus untuk mengangkut penumpang pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Bus AKAP dengan stiker khusus perjalanan ini bukan bertujuan mengangkut pemudik, tetapi untuk membawa penumpang yang masuk pada kriteria perjalanan khsusus yang diatur SE No.13 Tahun 2021.

Terkait hal ini, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana Pramesti mengatakan bahwa dua terminal di Jakarta akan melayani bus AKAP.

Kedua terminal itu dioperasikan untuk mengakomodir masyarakat yang harus melakukan perjalanan keluar Jabodetabek dengan kepentingan mendesak dan non-mudik tersebut.

Baca juga: Stiker Khusus Perjalanan Saat Larangan Mudik Diberikan Gratis, Anda Bisa Dapatkan Secara Online

Baca juga: Mobil dengan Stiker Khusus Kemenhub Bisa Bawa Penumpang Saat Masa Larangan Mudik

Adapun terminal yang tetap melayani perjalanan bus AKAP itu adalah Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur dan Terminal Tipe A Kalideres, Jakarta Barat.

"Kedua terminal itu akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pelaku perjalanan khusus ini juga harus memenuhi persyaratan sebagaimana tertuang dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H," kata Polana dalam keterangannya, Selasa 4 Mei 2021.

Hentikan layanan bus AKAP

Selain itu, pada periode larangan mudik terhitung 6-17 Mei 2021 layanan Bus AKAP dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) di terminal bus yang berada di seluruh wilayah Jabodetabek akan dihentikan.

Adapun terminal yang menghentikan layanan bus AKAP dan AKDP untuk sementara antara lain terminal yang berada di bawah BPTJ seperti Terminal Jatijajar Depok, Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Sementara terminal di bawah pengelolaan Pemerintah Daerah yang tidak melayani bus AKAP dan AKDP terdiri dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Tanjung Priok di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta serta Terminal Bekasi di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Bekasi.

Halaman
123
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved