Breaking News:

Ini Penjelasan Bandara Ngurah Rai Bali Tak Dipilih Jadi Pintu Masuk PPLN 

Kami bisa memahami, karena memang menurut Bapak Menteri Kesehatan kita harus mengantisipasi varian-varian baru yang mungkin menjadi risiko.

istimewa kiriman Biro Komunikasi Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tidak masuk dalam entry point bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Terkait hal ini, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Ini juga yang ditanyakan oleh Bali Tourism Board kepada saya sekitar lima hari yang lalu. Saya berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan karena keputusan menunjuk empat bandara itu adalah murni berkaitan dengan memfasilitasi kepulangan pekerja migran Indonesia," ungkap Sandiaga Uno dalam konfrensi pers di jakarta, Senin 3 Mei 2021.

Ia mengatakan Menteri Kesehatan menyampaikan Bali sedang disiapkan secara totalitas untuk pembukaan Travel Corridor Arrangement (TCA). Untuk diketahui, TCA adalah program membuka kembali pariwisata Indonesia dengan sejumlah negara.

Maka agar tidak berisiko, Bandara Gusti Ngurah Rai tidak ditunjuk sebagai satu dari empat bandara untuk menampung kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Kami bisa memahami, karena memang menurut Bapak Menteri Kesehatan kita harus mengantisipasi varian-varian baru yang mungkin menjadi risiko terbawa oleh kepulangan PMI ini," jelasnya.

"Karena Bali sedang dipersiapkan secara betul-betul rinci dan detail, ini kita hindari potensi kenaikan penularan Covid-19 atau masuknya varian baru ke Bali melalui I Gusti Ngurah Rai Airport," imbuh Sandiaga Uno.

Dalam surat Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Nomor SR.03.04/11/1084/2021 tanggal 28 April 2021 disebutkan pintu masuk bagi PPLN hanya melalui empat bandara.

Empat Bandara itu di antaranya Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Bandara Kualanamu di Sumatera Utara, Bandara Juanda di Jawa Timur, dan Bandara Sam Ratulangi di Sulawesi Utara.

Singapore Airline Tunda Buka Rute

Dampak dari kebijakan itu, Singapore Airline menunda pembukaan rute Singapura-Denpasar PP yang awalnya akan dimulai 4 Mei 2021 ini.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved