Breaking News:

Berita Klungkung

Rumah Hancur Diterjang Ombak, Kerusakan Tanggul Pantai di Desa Ped Nusa Penida Capai 90 Meter

Abrasi parah yang terjadi di pesisir wilayah Banjar Bodong, Desa Ped, Nusa Penida, Klungkung, Bali disebabkan oleh rusaknya tanggul pantai di kawasan

Istimewa
Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) melakukan pengukuran kerusakan tanggul pengaman pantai di Banjar Bodong, Desa Ped, Nusa Penida, Senin 3 Mei 2021 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Abrasi parah yang terjadi di pesisir wilayah Banjar Bodong, Desa Ped, Nusa Penida, Klungkung, Bali disebabkan oleh rusaknya tanggul pantai di kawasan tersebut.

Panjang tanggul pantai yang rusak bahkan mencapai panjang 90 meter.

Kepala  Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Klungkung I Made Jati Laksana menjelaskan, petugas sudah turun ke Banjar Bodong untuk melakukan pengecekan, pasca robohnya rumah seorang warga setempat akibat terjangan ombak.

Baca juga: Api Dupa Jatuh ke Serabut Kepala, Bangunan Bale Panggungan di Pura Kubontubuh Klungkung Terbakar

" Setelah petugas turun, ternyata tanggul di kawasan ini sudah rusak berat. Panjang tanggul yang rusak mencapai 90 meter," ungkap Made Jati Laksana, Selasa 4 Mei 2021

Ia menjelaksan, pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida sudah pernah memasang tanggul sepanjang 12 meter dan tinggi 2 meter di lokasi tersebut.

Namun saat ini kondisinya sudah rusak berat.

Pun dengan tanggul yang dibuat warga setempat sepanjang 78 meter, juga kondisinya sudah rusak berat dan tidak dapat lagi menahan hantaman ombak.

Baca juga: Lahan Kekeringan, Tanaman Palawija di Subak Dawan Dauh Bukit Klungkung Terancam Gagal Panen

" Kerusakan tanggul di pesisir Pantai Banjar Bodong ini mencapai 90 meter, dengan perkiraan dana yang diperlukan sekitar Rp1.8 miliar."

"Karena dana yang dibutuhkan cukup besar, kami akan bersurat ke BWS. Semoga saja mendapatkan penanganan," harapnya.

Made Jati Laksana juga menjelaskan, tahun ini BWS juga sedang mengerjakan rehab pantai untuk penanganan abrasi di Dusun Sental, Desa Ped sepanjang 147 meter dengan anggaran APBN mencapai Rp 1,7 miliar. 

Baca juga: Ombak Besar Hancurkan Rumah Komang Gaca di Desa Ped Nusa Penida

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved