Breaking News:

Berita Denpasar

WN Prancis Diadili di PN Denpasar Terkait Kepemilikan Sabu dan Senjata Api

Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis ini didudukan sebagai terdakwa terkait kepemilikan narkotik jenis sabu dan tiga pucuk senjata api (senpi)

Tribun Bali/Putu Candra
Rayan didampingi penerjemah dan penasihat hukumnya saat menjalani sidang secara daring dari Lapas Kerobokan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rayan Jawad Henri Bitar akhirnya diadili secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa, 4 Mei 2021.

Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis ini didudukan sebagai terdakwa terkait kepemilikan narkotik jenis sabu dan tiga pucuk senjata api (senpi).

Sebagaimana dakwaan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) memasang empat pasal, dan Rayan terancam pidana penjara paling lama 20 tahun.

Dalam dakwaan alternatif pertama, JPU I Dewa Nyoman Wira Adiputra menyatakan, terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menawarkan, atau menyerahkan narkotik golongan I jenis sabu seberat 4,81 gram netto

Baca juga: Ditangkap Seusai Ambil 34 Paket Sabu di Denpasar, Dijerat Pasal Berlapis, Ramang Pikir-Pikir

."Perbuatan terdakwa tersebut telah diatur dan diancam dalam Pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika," paparnya dalam sidang dengan majelis hakim pimpinan I Putu Gde Novyartha.

Dakwaan kedua, JPU Dewa Wira memasang Pasal 112 ayat (1) UU yang sama.

Terdakwa dinilai tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotik golongan I.

Lalu pada dakwaan ketiga, pemilik pasport no. 17AF23293 ini dijerat dengan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU yang sama sebagai penyalahguna narkotik untuk diri sendiri.

Sedangkan dalam dakwaan keempat, terdakwa didakwa Pasal 1 ayat (1) UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 terkait kepemilikan 3 pucuk Senpi dan 29 butir amunisi.

Terhadap dakwaan JPU itu, terdakwa yang didampingi penerjemah dan penasihat hukumnya tidak mengajukan keberatan atau eksepsi.

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved