Mudik Lebaran 2021

Polda Bali Kerahkan Bhabinkamtibmas Antisipasi Keamanan Rumah Kosong Ditinggal Mudik

Personel Kepolisian Daerah (Polda) Bali tidak hanya berfokus pada masa penyekatan mudik, melainkan juga keamanan

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra saat memberikan keterangan di hadapan awak media, di Lobi Mapolda Bali, Denpasar, Bali, Selasa 4 Mei 2021 - Polda Bali Kerahkan Bhabinkamtibmas Antisipasi Keamanan Rumah Kosong Ditinggal Mudik 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Personel Kepolisian Daerah (Polda) Bali tidak hanya berfokus pada masa penyekatan mudik, melainkan juga keamanan lingkungan warga karena disinyalir banyak rumah kosong yang sudah ditinggal mudik lebih awal.

Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan, total dikerahkan sebanyak 1.750 personel gabungan Polri dan unsur lainnya dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442/2021.

Selain menempatkan personel di titik-titik strategis serta tujuh pos penyekatan utama, Kapolda Bali juga mengerahkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Bhabinkamtibmas) untuk rutin melaksanakan giat patroli di lingkungan atau wilayah binaan.

Hal itu sebagai upaya antisipasi tindak kejahatan di rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik lebih awal sebelum masa penyekatan 6 hingga 17 Mei 2021.

Baca juga: Tindak Tegas Pelanggar Mudik, Polda Bali Kerahkan 1.750 Personel Saat Penyekatan

"Nanti petugas secara preventif patroli di tempat yang menjadi fokus pengamanan, termasuk di wilayah rumah yang ditinggalkan," kata Kapolda Bali di Mapolda Bali, Denpasar, Bali, Selasa 4 Mei 2021.

" Bhabinkamtibmas bakal melaksanakan dan mendata rumah kosong di wilayah masing-masing agar menjadi fokus untuk pengamanan," jabarnya.

Di samping itu, dikonfirmasi terpisah oleh Tribun Bali, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa mengimbau masyarakat untuk memperhatikan sejumlah hal untuk meminimalisir potensi terjadinya kebakaran saat rumah dalam kondisi kosong ditinggal penghuni.

"Jaringan listrik agar diperhatikan dipastikan connecting electric terputus, agar dicek peralatan listrik semua, matikan, cabut stop kontaknya, kemudian untuk lampu teras ganti dengan lampu otomatis yang mati sendiri kalau siang, begitu juga cek kompor, oven, microwave jangan ada yang masih menyala, dan titip kepada tetangga bila ada hal mencurigakan untuk diinfo kepada petugas yang berwenang, atau dapat segera menghubungi BPBD Denpasar atau Damkar ketika terjadi kebakaran di nomor telepon 112 / 0361 223333," papar Joni, Rabu 5 Mei 2021.

Tindak Tegas Pelanggar Mudik, Polda Bali Kerahkan 1.750 Personel Saat Penyekatan

Kepolisian Daerah (Polda) Bali mengerahkan 1.750 personel gabungan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021.

Hal ini disampaikan Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra saat memberi keterangan di hadapan awak media, di Lobi Mapolda Bali, Denpasar, Bali, Selasa 4 Mei 2021.

"Ada 1.750 personel gabungan dari unsur Polri dan instansi terkait lainnya yang ada di seluruh Provinsi Bali. Tentang larangan mudik menjadi concern kita untuk kita laksanakan, kita patuhi bersama untuk kesehatan dan keselamatan di Pulau Bali. Kami segenap unsur bersinergi melaksanakan sebaik-baiknya dalam Operasi Ketupat, 6-17 Mei," kata Kapolda Bali.

Ribuan personel tersebut bakal ditempatkan di titik-titik strategis seperti terminal, bandara, termasuk di tujuh pos penyekatan mudik Lebaran yang tersebar di Pulau Bali pada masa Operasi Ketupat atau masa penyekatan, 6-17 Mei.

Baca juga: Dua Terminal Ini Layani Bus AKAP dengan Stiker Khusus Selama Masa Larangan Mudik

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved