Breaking News:

Berita Bali

Satgas Sudah Lakukan Tracing Pada Keluarga Dekat Pasien Covid-19 Varian Baru di Denpasar dan Badung

Sejak varian Covid-19 Afrika dan Inggris masuk ke Provinsi Bali, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali telah melakukan tracing

Pixabay
Ilustrasi covid-19- Satgas Sudah Lakukan Tracing Pada Keluarga Dekat Pasien Covid-19 Varian Baru di Denpasar dan Badung 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sejak varian Covid-19 Afrika dan Inggris masuk ke Provinsi Bali, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali telah melakukan tracing pada pihak-pihak terkait.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya pada Rabu 5 Mei 2021.

"Sudah dilakukan tracing untuk dua Covid-19 varian baru ini. Begitu kita mengetahui dia terkena Covid-19 varian baru sesuai standar SOP kita sudah tracing dan memang terdapat satu orang dari keluarga yang positif. Dan orang tersebut dari pasien Covid-19 varian Afrika yang meninggal tapi, orang tersebut tidak sampai meninggal dan sekarang sudah sembuh," ungkapnya.

Dan untuk menghindari transmisi lokal, pihaknya kini melakukan pelacakan kontak di dua wilayah darimana pasien tersebut berasal.

Baca juga: 2 Pasien Terpapar Mutasi Covid-19 Varian Baru di Bali, Satu Pasien yang Sudah Pernah Vaksin Sembuh

Dua wilayah tersebut yakni Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Serta selama bulan Mei ini jika ditemukan kasus positif dari dua wilayah tersebut maka sampelnya akan dikirim langsung ke Litbangkes.

"Dan yang ditakutkan ini sudah menjadi transmisi lokal. Ya memang pelacakan kontak kan sudah dilakukan tracing dan tasting sudah kita lakukan di wilayah kasus itu ada. Kedua wilayah tracing tersebut meliputi Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Kalau ada kasus positif di bulan Mei ini di wilayah kasus itu, semua sampel kita kirim ke Litbangkes dan itu yang menentukan apakah sudah terjadi transmisi lokal di daerah situ. Karena yang bisa melakukan Genome Sequencing," tambahnya.

Suarjaya juga mengatakan, kedua pasien ini tidak memiliki riwayat bepergian dan ia juga heran darimana datangnya virus Covid-19 varian baru ini.

"Tidak ada riwayat kemana-mana kita juga tidak tahu darimana virus ini pasien ini juga tidak berinteraksi dengan orang asing. Sementara penanganannya sudah sesuai SOP," tutupnya.

Halaman
123
Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved