Breaking News:

Sponsored Content

Mampu Atasi Masalah Sampah, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa Kagumi TOSS Center

Menurut Suharso Manoarfa, TOSS Center ini merupakan program yang sangat baik dalam menangani permasalahan sampah dari hulu hingga hilir

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Suharso Manoarfa melakukan kunjungan ke TOSS Center, di Dusun Karangdadi Desa Kusamba, Minggu (9/5/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA -  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala  Bappenas Suharso Manoarfa, mengapresiasi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Kabupaten Klungkung.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan ke TOSS Center, di Dusun Karangdadi Desa Kusamba, Minggu 9 Mei 2021.

"Saya sudah ketigakalinya kesini ternyata di TOSS Center sudah banyak perubahan," ujarnya dihadapan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kadis LPH Klungkung I Ketut Suadnyana serta OPD terkait.

Menurut Suharso Manoarfa, TOSS Center ini merupakan program yang sangat baik dalam menangani permasalahan sampah dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Dibuang ke Sungai,Petugas Keswan Tak Bisa Ambil Sampel Otak Anjing yang Serang 11 Warga di Klungkung

Program TOSS ini nantinya bisa dijadikan contoh untuk Kabupaten lainnya.

Selain itu, peran serta dukungan masyarakat juga sangat diharapkan untuk bisa mengikuti dan menaati setiap tata tertib tentang peraturan membuang sampah dengan benar.

Menurutnya hal tersebut bisa menjadi poin penting demi mensukseskan program TOSS kedepan.

"Semoga dengan adanya program TOSS ini, bisa menjadi sebuah percontohan untuk Kabupaten lain dalam menangani permasalah sampah," harapnya.

Di hadapan Menteri Bappenas, Bupati Suwirta menyampaikan perkembangan TOSS Center yang saat ini sudah di kolaborasikan dengan Kebun Hatinya PKK, Koperasi dan juga bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI).

Inovasi yang diciptakan tahun 2017 itu, telah masuk Top 40 nasional inovasi pelayanan publik.

TOSS Center dibangun di atas lahan Provinsi Bali seluas 1,9 hektar.

 "TOSS Center Gema Santi merupakan salah satu mimpi saya untuk membangun Kabupaten Klungkung agar ke depan dari hulu hingga hilir semakin bersih dan terhindar dari permasalahan sampah," ujarnya.

Selain itu, Bupati bersama OPD terkait lainnya juga tiada henti terus mengimbau  masyarakat agar semakin taat dalam memilah sampah dari sumber (rumah, tempat usaha, kantor dan lainya).

"Semoga dengan kunjungan Bapak Menteri Suharso Manoarfa ini membuat kami semakin semangat melanjutkan inovasi untuk menuntaskan masalah sampah sampai ke Desa dengan program 100% TOSS Desa, harap Bupati Suwirta dengan optimis. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved