Breaking News:

Berita Bali

Tak Bawa Kelengkapan, Puluhan Pemudik dari Bali Diminta Putar Balik, Selama 4 Hari Larangan Mudik

selama tiga hari pelaksanaan penerapan larangan tersebut, petugas telah memutar bali puluhan orang pemudik dari berbagai daerah di Bali

(Tribun Bali/I Made Ardhiangga)
Pos Penyekatan Cekik Kelurahan Gilimanuk, Minggu 8 Mei 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah resmi melarang pelaksanaan mudik Lebaran sejak 6 Mei 2021 lalu.

Hanya saja, masih ditemukan masyarakat yang nekat melakukan mudik ke kampung halamannya.

Bahkan, selama tiga hari pelaksanaan penerapan larangan tersebut, petugas telah memutar bali puluhan orang pemudik dari berbagai daerah di Bali.

Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Rai Dharmadi menyebutkan bahwa para petugas  yang berjaga di Pos Penyekatan Cekik, Gilimanuk, Jembrana telah memutar balik pemudik total sebanyak 41 orang.

Baca juga: 3 Hari Setelah Pemberlakuan Larangan Mudik 2021 sebanyak 29.339 Kendaraan Disuruh Putar Balik

Dharmadi sendiri menyebutkan bahwa rata-rata pemudik itu melakukan perjalanan tanpa melengkapi berbagai syarat perjalanan yang ditentukan dalam regulasi pemerintah.

"Mereka terpaksa kami minta putar balik karena tidak melengkapi diri sesuai syarat yang ditentukan dalam Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021," ungkap dia, Minggu 9 Mei 2021.

Ia menjelaskan bahwa pada hari pertama pemberlakuan pelarangan mudik pada Kamis (6/5/2021), pihaknya berhasil menghalau 13 orang pemudik.

Akan tetapi, sebanyak 26 orang menurutnya telah diberikan izin untuk melintasi perbatasan menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk.

Mereka diizinkan, menurut Dharmadi, dikarenakan sudah membawa surat keterangan dan melengkapi diri dengan rapid test antigen hasil negatif.

"Di hari pertama kami putarbalikkan pemudik sebanyak 13 orang. Karena tidak membawa syarat yang ditentukan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved