Breaking News:

Ibadah Haji

Arab Saudi Pastikan Ibadah Haji 2021, Kemenag RI Siapkan Empat Skenario

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan secara terbatas.

Editor: DionDBPutra
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA via KOMPAS.COM
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu 2 Agustus 2020. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya memastikan akan menggelar ibadah haji pada 2021 atau 1442 Hijriyah.

Dalam pengumumannya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan secara terbatas, dengan "kondisi khusus" demi melindungi jemaah dari penyebaran virus corona (Covid-19).

"Otoritas Kesehatan Kerajaan terus memantau situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keselamatan bagi semua," kata Juru Bicara Kementerian Haji dan Arab Saudi, dikutip dari Arab News, Senin 10 Mei 2021.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, Arab Saudi belum memberi kepastian terkait nasib Indonesia dalam pemberangkatan ibadah haji tahun ini Indonesia masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Biaya Ibadah Haji 2021 Diprediksi Naik Rp 9,1 Juta

Baca juga: Kerajaan Arab Saudi Akan Menggelar Ibadah Haji Tahun 2021

“Dalam pengumuman tersebut belum menyebutkan teknis, baru 'keinginan kuat'. Makanya bahasanya menggunakan 'Azam'. Kita menunggu saja," tutur Endang.

Menurut Endang, nasib yang sama juga dialami oleh negara-negara lainnya. Dia mengatakan saat ini seluruh negara telah menunggu keputusan yang lebih teknis dari Pemerintah Arab Saudi.

"Belum tahu, kan semua negara masih menunggu pengumuman selanjutnya secara teknis dan mekanismenya," kata Endang.

Skenario Indonesia

Meski belum ada kepastian, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti keputusan dari Pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji tahun ini.

Ia mengungkapkan Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR juga sudah melakukan sejumlah persiapan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved