Breaking News:

Sponsored Content

Peringati Hardiknas 2021, Universitas Udayana Bersama MPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR

"Tema tersebut, mengindikasikan pada refleksi terhadap aktualisasi Pancasila dalam arah kebijakan Pendidikan Nasional sebagaimana dalam Pasal 2 UU No

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana Sosisalisasi Empat Pilar MPR yang digelar Universitas Udayana dan MPR RI 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, Fakultas Hukum Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu Sosisalisasi Empat Pilar MPR dengan tema 'Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Perguruan Tinggi'.

Kuliah Tamu ini digelar pada hari Selasa 11 Mei 2021, di Auditorium Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran secara daring dan luring.

Serta menghadirkan narasumber Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, SE.,M.B.A dan selaku moderator Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.Hum serta dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat Unud, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Ketua Lembaga, Akademisi, Dosen dan mahasiswa.

Dekan Fakultas Hukum Unud Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, SH.,M.Hum selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan sosialisasi ini penting dalam kerangka berkehidupan bernegara di Republik Indonesia karena empat pilar yang didalamnya berisi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah empat pilar yang sudah terbukti menjaga kehidupan bernegara.

Baca juga: Wawa Arjaya Lulus Doktor Ilmu Ekonomi di Unud dengan IPK 4,0, Studi S3 Ditempuh 2 Tahun 7 Bulan

Dekan Fakultas Hukum memberikan apresiasi kepada Ketua MPR RI yang sudah berkenan hadir menjadi narasumber ditengah masa pandemi dan berharap apa yang menjadi hasil akhir kegiatan ini membawa manfaat terutama generasi muda dari kalangan mahasiswa.

"Tema tersebut, mengindikasikan pada refleksi terhadap aktualisasi Pancasila dalam arah kebijakan Pendidikan Nasional sebagaimana dalam Pasal 2 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," ujar Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K).

Esensi nyata hadirnya Pancasila sebagai landasan Pendidikan, adalah demi menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.

"Karenanya, sebagai insan akademik, kita memiliki tanggung jawab menghantarkan para mahasiswa untuk memiliki karakter demikian," tambahnya.

Tidak hanya berlandaskan pada Pancasila, Pasal 2 Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, telah menentukan bahwa “Pendidikan Tinggi berdasarkan Pancasila, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.”

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved