Breaking News:

Berita Badung

Di Komplek Puja Mandala Bali,Shalat Id Digelar Pagi & Gereja Gelar Ibadah Kenaikan Isa Al-Masih Sore

"Kami sudah ada koordinasi dengan pihak gereja sebelah, alhamdulilah mereka memahami untuk pelaksanaan shalat id waktunya tidak bisa diubah

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana Masjid Agung Ibnu Batutah menjelang pelaksanaan shalat id berjamaah besok 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Hari Raya Idul Fitri 1442H jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 besok, dan hari yang sama juga merupakan Hari Raya Kenaikan Isa Al-Masih.

Untuk pelaksanaan shalat Id (Idul Fitri) di Masjid Agung Ibnu Batutah yang berada di komplek Puja Mandala dilaksanakan tetap sesuai jadwal besok pagi, tetapi untuk pelaksanaan ibadah kenaikan isa al-masih di Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa akan diadakan pada sore hari.

"Kami sudah ada koordinasi dengan pihak gereja sebelah, alhamdulilah mereka memahami untuk pelaksanaan shalat id waktunya tidak bisa diubah.

Jadi kalau jam 7 besok dimulai ya tetap jam 7.

Baca juga: Libur Lebaran 2021, Dispar Badung Belum Berharap Banyak Terkait Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Pihak gereja sudah paham bahkan mereka menggeser waktunya (ibadah kenaikan isa al-masih)," ujar H. M Jumali, Sekretaris Umum Yayasan Masjid Agung Ibnu Batutah, Rabu 12 Mei 2021.

Sehingga pelaksanaan shalat id di Masjid Agung Ibnu Batutah dilakukan pagi hari, dan ibadah di Gereja besok sore hari.

"Ini bentuk toleransi antar umat beragama yang ada di Komplek Puja Mandala.

Saling memahami dan toleransi seperti itu sudah sering dilakukan disini, bahkan waktu hari raya Natal parkiran di depan gereja penuh, kita bolehkan parkir di sini," jelasnya.

Untuk pelaksanaan shalat id besok, Masjid Agung Ibnu Batutah tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan mulai dari melakukan pembatasan kapasitas, tetap memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

"Untuk shalat Id kita tetap mengacu kepada protokol kesehatan, ada batasan-batasan terutama kapasitas kami batasi 50 persen," imbuh Jumali.

Kapasitas Masjid Agung Ibnu Batutah saat normal dapat menampung jamaah sebanyak 2.310 orang, karena ada pembatasan kapasitas dan di dalam masjid dilakukan social distancing kini bisa menampung 1.046 jamaah.(*)

Artikel lainnya di Berita Badung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved