Breaking News:

Corona di Indonesia

Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap Dibawah Rp 1 Juta per Orang, Penyuntikan Dimulai pada 17 Mei 2021

pemerintah juga harus menetapkan besaran harga pembelian vaksin yang mesti dibayarkan oleh perusahaan yang mengikuti program tersebut

AFP/JOEL SAGET
ilustrasi Vaksin Sinopharm - Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap Berada di Kisaran Dibawah Rp 1 Juta per Orang 

TRIBUN-BALI.COM - Pemerintah akan memulai pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong pada Senin 17 Mei 2021 mendatang.

Selain menyiapkan ketersediaan vaksin yang akan digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong, pemerintah juga harus menetapkan besaran harga pembelian vaksin yang mesti dibayarkan oleh perusahaan yang mengikuti program tersebut.

Melalui Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.0/MENKES/4643/2021 tentang tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong, pemerintah telah menetapkan harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong beserta biaya pelayanannya.

Berdasarkan beleid yang diteken Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 1 Mei 2021 tersebut pada Diktum Kesatu ditetapkan harga vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis, serta Rp 117.910 per dosis sebagai biaya pelayanan vaksinasi.

Baca juga: Tersedia 20 Juta Dosis, Vaksin Gotong Royong Bakal Gunakan Sinopharm dari China dan Moderna dari AS

“Harga pembelian vaksin merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha, sudah termasuk margin/keuntungan 20% (dua puluh persen), dan biaya distribusi franco kabupaten/kota, namun tidak termasuk pajak pertambahan nilai (PPN),” bunyi Diktum Kedua aturan tersebut.

Demikian pula pada Diktum Ketiga beleid tersebut yang menyatakan tarif pelayanan vaksinasi yang ditetapkan merupakan batas maksimal yang bisa ditetapkan   fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta yang melaksanakan program Vaksinasi Gotong Royong, sudah termasuk margin atau keuntungan sebesar 15% (lima belas persen), namun tidak termasuk Pajak Penghasilan (PPh).

JIka diakumulasikan berdasarkan KMK tersebut, maka besaran harga maksimal  vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong maksimal adalah Rp 439.570 per dosis atau Rp 879.140 per orang untuk dua kali penyuntikan dosis vaksin atau vaksin lengkap.

Harga tersebut sesuai dengan ekspekstasi pelaku usaha yang sebelumnya menginginkan agar harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong lengkap adalah dibawah Rp 1 juta per orang untuk dua dosis.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Apindo, perusahaan menginginkan harga vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong sebaiknya di bawah Rp 1 juta per orang untuk dua dosis.

Program Vaksinasi Gotong Royong ini rencananya akan diikuti lebih dari 17.000 perusahaan dan menyasar 8,7 juta pekerja dan keluarganya.(*)

Artikel lainnya di Corona di Indonesia

Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved