Virus Corona

Mulai Besok, Singapura Kembali Terapkan Lockdown Selama Sebulan

Melansir Bloomberg, (14/5/2021) Singapura kembali lockdown karena meningkatnya jumlah infeksi virus yang tidak dapat dilacak.

KOMPAS.COM/ERICSSEN
Warga yang memakai masker terlihat melintas di depan Stasiun MRT Buangkok, Singapura, Jumat siang 7 Mei 2021. Mulai Besok, Singapura Kembali Terapkan Lockdown Selama Sebulan 

TRIBUN-BALI.COM - Singapura pada Jumat 14 Mei 2021 mengumumkan akan kembali memberlakukan pembatasan paling ketat atau lockdown mulai Minggu (16/5/2021) esok.

Sebelumnya Singapura juga melakukan lockdown pada tahun lalu.

Saat itu lockdown dilonggarkan mulai Juni seiring kasus Covid-19 yang menurun.

Singapura merupakan salah satu negara yang disebut paling sukses di dunia dalam pertahanan Covid-19.

Baca juga: Singapura Terapkan PSBB Fase Kedua Setelah Kasus Covid-19 Melonjak Drastis dalam 10 Hari

Lantas, mengapa Singapura kembali memberlakukan lockdown?

Melansir Bloomberg, (14/5/2021) Singapura kembali lockdown karena meningkatnya jumlah infeksi virus yang tidak dapat dilacak.

"Pola kasus komunitas lokal yang tidak terkait telah muncul dan terus berlanjut," kata pernyataan Kementerian Kesehatan.

Kementerian perlu bertindak tegas untuk mengatasi risiko ini, karena setiap kebocoran dapat mengakibatkan munculnya kembali kasus yang tidak terkendali.

Lockdown akan dimulai pada Minggu (16/5/2021) hingga 13 Juni 2021.

Singapura saat ini telah mendeteksi 11 klaster aktif Covid-19 dan 46 kasus aktif negara saat ini terkait dengan Bandara kota Changi.

Pemerintah prihatin bahwa mungkin ada beberapa kasus tersembunyi yang belum terdeteksi dan dapat menyebar ke komunitas yang lebih luas.

Total kasus aktif Covid-19 di Singapura adalah 393 kasus.

Meski angka itu secara signifikan lebih kecil daripada wabah yang terlihat di sebagian besar negara lain, ukuran Singapura yang kecil dan populasi padatnya yang hampir 6 juta orang dapat memungkinkan kasus-kasus berkembang biak dengan sangat cepat.

Singapura telah berhasil mengendalikan sebagian besar pandemi di dalam perbatasannya dan hanya melaporkan 31 kematian akibat Covid-19 sejak dimulainya pandemi.

Baca juga: Pembukaan Rute Penerbangan Singapura-Denpasar Ditunda, Singapore Airline Sampaikan Permohonan Maaf

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved