Breaking News:

Presiden Jokowi Berlakukan Pembatasan Kegiatan Setelah Hari Raya Lebaran

Penguatan PPKM dilakukan di daerah asal pemudik dan juga daerah tujuan arus balik seperti Jakarta.

Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro setelah Lebaran 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro setelah Lebaran 2021.

Penguatan PPKM dilakukan di daerah asal pemudik dan juga daerah tujuan arus balik seperti Jakarta.

Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto seusai rapat terbatas penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 17 Mei 2021, menjelaskan, selain memperkuat PPKM mikro, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta dan wilayah tujuan arus balik, pemerintah memberlakukan random test Covid-19 di sejumlah wilayah asal pemudik.

Baca juga: Warga Tolak Kedatangan Pemudik yang Tak Membawa Hasil Rapid Test, Rumah Ditempeli Stiker

Baca juga: Ini Alasan Mendasar Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali Diperpanjang

Khusus untuk pemudik yang berasal dari Sumatera akan diberlakukan mandatory check.

"Arahan bapak Presiden untuk memperkuat PPKM mikro baik di tempat mereka berangkat maupun ditempat tujuan di daerah di Jakarta. Sementara mandatory check di pelabuhan Bakaheuni dan juga di tempat mereka berangkat. Tentunya kita berharap bahwa mereka yang masuk ke Jawa terutama dari wilayah yang naik itu sudah aman dari Covid," kata Airlangga.

Secara keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia, kata Airlangga, masih relatif terkendali.

Kasus aktif nasional sebesar 5,2 persen, berada di bawah rata-rata global sebanyak 11,09 persen.

Selain itu angka kesembuhan juga berada di angka 92 persen, di atas rata rata global yakni 86,83 persen, dengan angka kematian 2,8 persen di atas rata rata global 2.07 persen.

"Kasus aktif nasional mengalami penurunan sebesar 48,6 persen dari puncak kasus 5 Februari yang lalu dan kasus aktif adalah pengurangannya 795 dalam 1 minggu terakhir sehingga kasus aktif berada dalam kisaran 90.800," pungkas Airlangga.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo meminta masyarakat yang bepergian dari wilayah yang tergolong zona merah dan oranye untuk melakukan karantina mandiri.

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved