Breaking News:

Kapal Selam Hilang Kontak

Bagian Badan Tekan KRI Nanggala 402 Diduga Berada di Dalam Kawah Dasar Laut

Laksda TNI Iwan menambahkan Kapal Tan Suo-2 melaksanakan penyelaman-penyelaman diantaranya dive operation pertama yakni tugasnya melaksanakan investig

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Pangkoarmada II bersama Atase Tiongkok sampaikan informasi terkini hasil pencarian dan evakuasi KRI Nanggala-402 - TNI AL Dibantu Kapal China Berhasil Angkat Liferaft dan Komponen Kecil Lainnya dari KRI Nanggala-402 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Lokasi badan tekan (pressure hull) dari KRI Nanggala-402 hingga sekarang secara pasti belum dapat digambarkan dan hanya dapat diperkiraan lokasinya tidak jauh dari lokasi ditemukannya bagian buritan (stern section) dan anjungan (sail section).

"Ada satu hal disini tempat kita namakan creater atau kawah yang diameternya kurang lebih 38 meter dengan kedalaman kurang lebih 10 sampai 15 meter. Ini yang sampai saat ini kita masih belum mengetahui apa sebenarnya kawah tersebut dan kami perkirakan badan tekan KRI Nanggala-402 ada di dalam kawah itu," ungkap Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, saat konferensi pers di Mako Lanal Denpasar, Selasa 18 Mei 2021.

Lebih lanjut Laksda TNI Iwan menambahkan Kapal Tan Suo-2 melaksanakan penyelaman-penyelaman diantaranya dive operation pertama yakni tugasnya melaksanakan investigasi tentang keberadaan bow section, sail section dan stern section.

"Mereka mengecek betul menggunakan DSV atau Deep Submersible Vehicle dengan kedalaman 839 meter sesuai informasi itu adalah peralatan yang diawaki oleh mereka. Sehingga mengapa? Mereka dapat melihat secara langsung, mengarahkan secara langsung dimana posisi-posisinya," jelasnya.

Dan selanjutnya dive operation kedua pelaksanaannya tidak langsung, misalnya sehari dua kali itu tidak bisa.

BREAKING NEWS: Liferaft dan Komponen Lainnya dari KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat

KISAH Istri Awak KRI Nanggala, Mita Hanya Bisa Selfie dengan Foto Suami: Lebaran Pertama Kita Sayang

Penghormatan pada Awak KRI Nanggala 402, Istri Prajurit TNI AL Seluruh Indonesia Gelar Doa Bersama

Jadi sehari pelaksanaan dive operation kedua nanti ditunda lagi pelaksanaan ini, karena tidak bisa dikebut untuk mendapatkan data.

Kemudian dive operation tiga, mereka tim salvage dari Tiongkok ini mencari posisi untuk titik-titik pengangkatan dimana kira-kira mengangkatnya itu.

"Dimanakah kira-kira sling nya bisa dapat dicantolkan dibadannya itu. Kemudian untuk dive operation keempat fokusnya adalah pada creater atau kawah ini. Tapi mereka belum bisa menemukan apa isi sebenarnya didalamnya karena posisinya gelap dan kedalaman kurang lebih 10 sampai 15 meter," jelas Laksda TNI Iwan Isnurwanto.

Selanjutnya dive operation kelima tetap fokus pada area di dalam kawah dan memperluas area pencarian menggunakan side scan sonar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved