Berita Klungkung

Pengetatan Pasca Lebaran, Pengendara yang Melintas di Penyekatan Goa Lawah Diperiksa

Polres Klungkung melakukan pengetatan terkait arus balik pasca Idul Fitri, Selasa 18 Mei 2021.

Istimewa
Polres Klungkung melakukan pengetatan terkait arus balik pasca Idul Fitri, Selasa 18 Mei 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Polres Klungkung melakukan pengetatan terkait arus balik pasca Idul Fitri 2021, Selasa 18 Mei 2021.

Para pengendara yang melintas di Pos Penyekatan di Goa Lawah, dan Pos Penyekatan Lepang, diminta menepi untuk diperiksa dan diberikan penjelasan mengenai protokol kesehatan.

Kasat Lantas Polres Klungkung, AKP Wahyu Joko Nugroho menjelaskan, pengetatan itu dilakukan saat malam dan siang hari. 

Pengetatan dilakukan untuk mengantisipasi maraknya pendatang pasca Lebaran, yang tidak menutup kemungkinan berkontribusi terhadap penyebaran virus Covid-19.

Hal utama yang dilakukan dalam pengetatan itu, memberikan penjelasan secara persuasif untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan.

"Setelah penyekatan sebelum Idul Fitri, kami lanjutkan pengetatan pasca Idul Fitri. Fokus kami memberikan pemahaman, untuk tetap tertib prokes," jelasnya.

Baca juga: Tim Gabungan Pengetatan Arus Balik di Terminal Mengwi Amankan 5 Kendaraan Tak Miliki Izin Trayek

Pihaknya pun berharap segala upaya ini, dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca libur Idul Fitri.

Pengetatan juga dilakukan di pintu masuk Bali.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, menegaskan bahwa pihaknya melakukan pengetatan arus balik pemudik lebaran pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H di pintu masuk Bali.

Hal ini disampaikan Kapolda di sela memantau situasi Kamtibmas dan arus balik di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Bali, Selasa 18 Mei 2021

"Para pemudik atau masyarakat yang ingin masuk ke Bali harus melengkapi syarat hasil swab antigen dari Pelabuhan Ketapang dan kami di sini mengecek/memfilter kembali di Pelabuhan Gilimanuk," terang Putu Jayan dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Bali, Rabu 19 Mei 2021.

Kapolda Bali menyampaikan, arus balik Lebaran ini menjadi perhatian penuh terutama dari Mabes Polri untuk melakukan pengetatan.

Setelah Ops Ketupat berakhir dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan dan personel penjagaan ditambah karena Pelabuhan Gilimanuk menjadi pintu masuk dari Jawa ke Bali.

Dalam kunjungannya, Kapolda Bali yang didampingi Koorspripim Polda Bali AKBP I  Dewa Gede Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K diterima oleh Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K., Danyon C Brimob Gilimanuk Kompol I Nyoman Rana, S.H.,  Waka Polres Jembrana Kompol Marzel Doni, S.I.K., M.H., Kabag Ops Polres Jembrana Kompol Drs. I Wayan Sinaryas, S.H., dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I Gusti Putu Dharmanatha, S.H., M.H. 

Saat kunjungan ke Pelabuhan Gilimanuk, Kapolda Bali melaksanakan pengecekan di Pos 1, Pos 2, dan Pos 3 yang berlokasi di Water Bee Gilimanuk.

Kapolda Bali juga memantau pelaksanaan lokasi test rapid antigen pada pelabuhan.

Putu Jayan menambahkan, bahwa hal ini dilakukan agar dapat memantau perkembangan terhadap situasi pintu masuk Bali pada pelabuhan Gilimanuk.

”Selama pemantauan di pelabuhan Gilimanuk ini masih normal, anggota yang berjaga juga tetap berjaga 24 jam," pungkas Kapolda Bali. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved