Breaking News:

Israel

Sejarah Palestina, Hingga Kini Masih Terlibat Konflik dengan Israel

Sejarah Palestina yang saat ini masih terlibat konflik dengan Israel. Palestina dan Israel hingga saat ini masih jadi perbincangan hangat seluruh dun

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri
Tangkapan layar dari Google Maps. Wilayah negara Palestina yang dianggap batas-batas yang disengketakan ditandai dengan garis abu-abu putus-putus. 

TRIBUN-BALI.COM - Sejarah Palestina yang saat ini masih terlibat konflik dengan Israel.

Palestina dan Israel hingga saat ini masih jadi perbincangan hangat seluruh dunia.

Palestina merupakan wilayah yang ada di pantai timur Laut Mediterania, yang memainkan peran penting dalam sejarah kuno dan modern Timur Tengah.

Sejarah Palestina telah ditandai dengan konflik politik yang sering terjadi terkait perampasan tanah secara keras.

Sebab, pentingnya bagi beberapa agama besar dunia dan letaknya yang berada di persimpangan geografis strategis antara Afrika dan Asia.

Melansir History, nama "Palestina" berasal dari kata Yunani yaitu "Philistia", yang berasal dari deskripsi penulis Yunani Kuno tentang wilayah tersebut pada abad ke-12 SM.

Sejak jatuhnya Kekaisaran Ottoman dalam Perang Dunia I (1914-1918) hingga 1948, Palestina umumnya mengacu pada wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Yordan.

Solidaritas Bagi Palestina, 2 Pemain Manchester United Pogba dan Diallo Kibarkan Bendera Palestina di Stadion Old Trafford, Rabu 19 Mei 2021.
Solidaritas Bagi Palestina, 2 Pemain Manchester United Pogba dan Diallo Kibarkan Bendera Palestina di Stadion Old Trafford, Rabu 19 Mei 2021. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Baca juga: Sejarah Israel, Sehari Sebelum Mandat Inggris di Palestina Berakhir

Sejak abad ke-20, masyarakat Arab yang tinggal di wilayah itu mulai dikenal sebagai orang Palestina.

Namun, banyak dari tanah wilayah tersebut sekarang disengketakan dengan Israel.

Menurut teori saat ini, wilayah Palestina mencakup Tepi Barat (wilayah yang berada di antara Israel dan Yordania modern) dan Jalur Gaza (yang berbatasan dengan Israel dan Mesir).

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved