Breaking News:

Vaksinasi

Ketua KIPI Pastikan Tak Ada yang Meninggal Akibat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Menurutnya, hal ini perlu dijelaskan kembali mengingat banyaknya berita simpang siur yang mengaitkan beberapa kasus kematian akibat vaksin Covid-19.

Editor: DionDBPutra
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi. Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Prof Hindra Irawan Satari menegaskan, sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksinasi Covid-19. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA -- Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Prof Hindra Irawan Satari menegaskan, sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, hal ini perlu dijelaskan kembali mengingat banyaknya berita simpang siur yang mengaitkan beberapa kasus kematian akibat vaksin Covid-19.

Berdasarkan data Komnas KIPI, terdapat 27 kasus kematian diduga akibat vaksinasi dengan Sinovac. Namun setelah diinvestigasi, kematian tidak terkait dengan imunisasi.

Dari kasus tersebut, 10 kasus akibat terinfeksi Covid-19, lalu 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah, satu orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan dua orang karena diabetes mellitus dan hipertensi tidak terkontrol.

Baca juga: Dukung Work From Bali, Selama 9 Hari ITDC Genjot Vaksinasi Covid-19

Baca juga: 8.671 Pekerja Pariwisata di Kawasan The Nusa Dua Bali Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

“Kenapa kami bisa membuat diagnosis itu? Karena datanya lengkap. Diperiksa, dirawat di-rontgen, diperiksa lab, di CT-scan, dapat diagnosisnya,” Jelas Prof Hindra dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Jumat 21 Mei 2021.

Sementara yang meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca dilaporkan tiga orang.

Namun juga tidak diakibatkan oleh vaksinasi. Satu diantaranya adalah kasus kasus Trio Fauqi Virdaus di Jakarta.

Meski demikian, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan terus melakukan proses investigasi lanjutan untuk mengetahui penyebab pasti pria 22 tahun ini.

"Trio ini tidak pernah periksa ke dokter, enggak ada hasil lab, rontgen, CT Scan kepala jadi sulit. Apakah ini terkait imunisasi namun juga sulit untuk mengatakan ini tidak terkait imunisasi," terangnya.

Dilanjutkan

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved