Breaking News:

Israel

Para Pemimpin Dunia Menyambut Gembira Gencatan Senjata Israel-Hamas

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres memberikan tanggapan atas peristiwa terbaru ini.

Editor: DionDBPutra
MOHAMMED ABED / AFP
Seorang pria mengibarkan bendera Palestina ketika yang lain mengibarkan tanda V untuk kemenangan saat mereka merayakan gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir antara Israel dan dua kelompok bersenjata utama Palestina di Gaza pada 20 Mei 2021. 

TRIBUN-BALI.COM - Para pemimpin dunia memberikan reaksi positif dan menyambut gembira kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Palestina yang mulai berlaku Jumat 21 Mei 2021.

Melansir Al Jazeera, berikut ini beberapa reaksi terhadap gencatan senjata Israel-Hamas.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres memberikan tanggapan atas peristiwa terbaru ini.

"Saya menekankan bahwa para pemimpin Israel dan Palestina memiliki tanggung jawab di luar pemulihan ketenangan untuk memulai dialog serius guna mengatasi akar penyebab konflik.

Baca juga: Ini Syarat yang Disepakati Hamas Dan Israel Terkait Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Baca juga: 10 Fakta & Kronologi Konflik Israel-Palestina, dari Masjid Al-Aqsa Diserang hingga Gencatan Senjata

"Gaza adalah bagian integral dari negara Palestina di masa depan dan tidak ada upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan rekonsiliasi nasional yang nyata yang mengakhiri perpecahan," kata Sekjen PBB.

Presiden AS Joe Biden mengaku akan tetap mendukung PBB dan memberikan bantuan kemanusiaan.

"Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pemangku kepentingan internasional lainnya untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang cepat dan untuk mengumpulkan dukungan internasional bagi orang-orang di Gaza dan dalam upaya rekonstruksi Gaza."

"Saya yakin orang Palestina dan Israel sama-sama berhak untuk hidup dengan aman dan terjamin serta menikmati kebebasan, kemakmuran, dan demokrasi yang setara."

Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi mengaku menerima telepon dari Biden. Keduanya berbincang soal visi yang sama untuk mengelola diplomasi setelah Israel-Hamas sepakat melakukan gencatan senjata.

"Dengan sangat bahagia, saya telah menerima telepon dari Presiden Biden di mana kami telah bertukar visi untuk mencapai formula yang akan menenangkan konflik saat ini antara Israel dan Gaza, visi kami selaras tentang mengelola konflik antara semua pihak dengan diplomasi. "

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved