Breaking News:

Partai NLD Besutan Aung San Suu Kyi Akan Dibubarkan Oleh KPU yang Ditunjuk Junta Militer Myanmar

Menurut mereka, alasan pembubaran adalah kecurangan yang terjadi dalam pemilu sebelumnya.

AFP
Aung San Suu Kyi 

TRIBUN-BALI.COM, YANGOON — Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dibesut oleh Aung San Suu Kyi akan dibubarkan oleh Komisi Pemilihan Umum yang ditunjuk oleh junta militer Myanmar. 

Menurut mereka, alasan pembubaran adalah kecurangan yang terjadi dalam pemilu sebelumnya.

Dilaporkan oleh kantor berita Myanmar Now pada Jumat 21 Mei 2021 seperti dilansir Reuters dari keterangan komisioner KPU. 

Banyak pihak yang tidak setuju akan keputusan yang dibuat ini termasuk pihak dari NLD sendiri. 

“Kecurangan pemilu yang dilakukan oleh NLD adalah ilegal jadi kita harus membubarkan pendaftaran partai", kata ketua Komisi Pemilihan Umum Serikat (UEC) yang didukung junta, Thein Soe, seperti dikutip dalam laporan tersebut seperti yang dilansir Reuters.

"Mereka yang melakukan itu akan dianggap sebagai pengkhianat dan kami akan mengambil tindakan," kata Thein Soe.

Seorang juru bicara junta dan pemerintahan persatuan nasional pro-demokrasi, yang mencakup anggota NLD yang digulingkan, tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar mengenai hal ini.

Juru bicara Partai Solidaritas dan Pembangunan Serikat yang didukung militer mengatakan memiliki perwakilan dalam pertemuan itu, yang masih berlangsung, dan dia tidak mengetahui hasilnya.

Militer Myanmar mengambil alih kekuasaan dengan tuduhan kecurangan dalam pemilu November 2020 yang dimenangkan oleh partai Suu Kyi, yang berjuang untuk demokrasi selama beberapa dekade sebelum reformasi tentatif dimulai satu dekade yang lalu.

Saat itu KPU telah menolak tudingan atau klaim kecurangan militer.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved