Breaking News:

Berita Denpasar

Menyelami Perjalanan Atma Pada Komik Tradisional Bali

Tim Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali yang bertugas di wilayah Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali, kembali melakukan konservasi lontar.

Istimewa
Lontar Prasi milik keluarga Jro Mangku Sudiarta - Menyelami Perjalanan Atma Pada Komik Tradisional Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Beranjak dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya, Tim Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali yang bertugas di wilayah Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali, kembali melakukan konservasi lontar.

Kali ini kegiatan inventarisasi, katalogisasi dan identifikasi naskah lontar milik salah seorang Jro Mangku Pura Agung Lokanatha, Lumintang, Denpasar Utara, yaitu Jro Mangku Sudiarta.

Kegiatan ini dilaksanakan di wantilan Pura Agung Lokanatha, Lumintang, Denpasar Utara.

Sejumlah naskah lontar yang merupakan warisan leluhur dari Jro Mangku Sudiarta dibawa ke Wantilan Pura Agung Lokanatha, Lumintang.

Baca juga: Disbud Buleleng Identifikasi 40 Lontar, Bakal Dilakukan Digitalisasi Mulai Tahun 2022

Untuk dibersihkan dan kemudian dibaca serta diidentifikasi.

Dari sekian jumlah lontar tersebut, hampir sebagian besar naskah dalam kondisi yang kurang baik.

Sebagian naskah ada yang berdebu, terlepas dari rangkaiannya, bahkan ada pula yang hancur atau lapuk, dimakan ngengat maupun usia.

"Hal ini dikarenakan kurangnya perawatan yang baik terhadap naskah-naskah lontar tersebut," jelas Wayan Yogik Aditya Urdhahana kepada Tribun Bali, Minggu 23 Mei 2021.

Jro Mangku Sudiarta selaku pewaris lontar tersebut mengakui selama ini mengalami kesulitan untuk merawat dan membaca juga memahami isi dari seluruh warisan leluhur yang berupa naskah lontar tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved