Breaking News:

Sosok Putu Raksa, 'Liku Buleleng' yang Sering Pentas di Luar Negeri Sejak Tahun 1986

Pria yang sering disapa Putu Raksa ini merupakan seorang seniman Pragina Arja yang sejak dulu dijuluki sebagai 'Liku Buleleng'.

Penulis: Karsiani Putri | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Karsiani Putri
I Putu Raksa Sulaksana 'Liku Buleleng' hadir sebagai bintang tamu dalam acara Makedekan Ajak Clekontong Mas, Minggu 23 Mei 2021 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Acara Makedekan Ajak Clekontong Mas kembali menghadirkan seorang  bintang tamu yang luar biasa.

Pada Minggu 23 Mei 2021, acara yang digagas oleh Yamaha DDS Bali dan Tribun Bali ini menghadirkan seniman I Putu Raksa Sulaksana.

Pria yang sering disapa Putu Raksa ini merupakan seorang seniman Pragina Arja yang sejak dulu dijuluki sebagai 'Liku Buleleng'.

Dirinya juga disebut-sebut sebagai seorang seniman yang sejak dulu  tetap mempertahankan pakem yang ia miliki disaat semakin modernnya zaman saat ini.

Baca juga: Buleleng Dapat Jatah 231 Formasi CPNS dan 2.552 P3K Guru

Tak main-main, dirinya pun sejak tahun 1986 telah tampil di berbagai negara mulai dari Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Italia, Jerman, Rusia dan beberapa negara lainnya.

"Macam-macam peran yang saya bawakan. Ada Legong cross gender, dan masih banyak lainnya," ucap pria kelahiran 29 September 1960 ini.

Kepada Tribun Bali, dirinya mengaku telah gemar menari sejak tahun 1970 dan sangat menyukai Arja.

"Saya dulu berguru ke Keramas, Gianyar dan belajar dengan guru saya, Guru Togog. Saya juga mendatangi banyak tokoh Arja untuk menggali ilmu dan mencari tahu seperti apa pakem-pakemnya," kata Putu Raksa.

Kurang lebih selama 10 tahun dirinya mempelajari berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kemampuannya sebagai Pregina Arja.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved