Breaking News:

Berita Klungkung

Penertiban Prokes di Klungkung Dilakukan Setiap Hari, Masih Ada Saja Warga Abai Mengenakan Masker

Satgas Covid-19 Klungkung melakukan penertiban protokol kesehatan di Jalan Gajah Mada, Semarapura

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Satgas Covid-19 Klungkung melakukan penertiban protokol kesehatan di Jalan Gajah Mada, Semarapura, Klungkung, Kamis 27 Mei 2021 - Penertiban Prokes di Klungkung Dilakukan Setiap Hari, Masih Ada Saja Warga Abai Mengenakan Masker 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Satgas Covid-19 Klungkung melakukan penertiban protokol kesehatan di Jalan Gajah Mada, Semarapura, Klungkung, Bali, Kamis 27 Mei 2021.

Sejak tahun 2020 sampai 2021, denda dari pelanggaran protokol kesehatan sudah mencapai Rp 21 juta yang disetorkan ke kas daerah.

Meskipun demikian, saat ini Satpol PP Klungkung lebih mengutamakan sanksi teguran tertulis dan pendekatan persuasif, dari pada menerapkan denda.

Kasatpol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta menjelaskan, meskipun penertiban protokol kesehatan (prokes) dilakukan hampir setiap hari.

Baca juga: Kejari Karangasem Geledah Kantor Dinas Sosial Terkait Kasus Pengadaan Masker Scuba

Hanya saja masih ada saja ditemukan warga yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah.

"Sebenarnya kesadaran masyarakat di Klungkung sudah tinggi untuk memakai masker, tapi masih ada lah 3 atau 4 warga yang abai tidak membawa masker. Setiap hari penegakan prokes ini kami mantapkan terus, hingga pandemi ini berakhir," ujar Putu Suarta.

Dirinya pun mengamati banyak tingkah laku masyarakat yang mendapatkan teguran di jalan karena tidak mengenakan masker.

Misalnya berkendara sambil merokok, dan banyaknya warga tidak memakai masker karena beralasan baru selesai makan di warung.

"Ada yang tidak mengenakan masker, karena alasanya biar bisa merokok saat berkendara. Kami nasehati karena bisa berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain di jalan. Ada juga yang mengaku habis makan, dan lupa membawa maskernya," jelas Suarta.

Meskipun demikian, menurut Suarta masyarakat mulai sadar dengan protokol kesehatan, khususnya mengenakan masker.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved