Berita Bali

Adakan Donor Darah Dengan Prokes Ketat, UTD PMI Provinsi Bali Targetkan 50 Kantong Darah

PMI Provinsi Bali adakan kegiatan donor darah berdampingan dengan acara Pelantikan Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPPI) Provinsi Bali.

(Tribun Bali/Rizal Fanany)
Warga mengikuti kegiatan donor darah di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Denpasar, Sabtu 28 Mei 2021. PMI Provinsi Bali menggelar donor darah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menargetkan 50 kantong darah 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARPMI Provinsi Bali adakan kegiatan donor darah berdampingan dengan acara Pelantikan Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPPI) Provinsi Bali di Wantilan DPRD Provinsi Bali pada, Sabtu 29 Mei 2021. 

Ketika ditemui, dr I Gede Wiryana Patra Jaya, MKes selaku Kepala UTD PMI Provinsi Bali mengatakan, target donor darah kali ini sebanyak 50 kantong darah. Dan ia juga selalu menekankan bahwa kegiatan donor darah di tengah pandemi Covid-19 masih aman. 

"Hanya saja permasalahannya pada calon pendonor yang baru saja melakukan vaksinasi Covid-19 agar menunggu dua minggu setelah menerima suntikan vaksinasi jika ingin melakukan donor darah," ungkapnya. 

Dan dikarenakan sempat tidak ada kegiatan vaksinasi, jadi membuat banyaknya peserta donor darah yang mendonorkan darah di PMI Provinsi Bali beberapa waktu lalu.

Selain itu, beberapa waktu lalu juga seluruh umat Islam melakukan ibadah berpuasa yang membuat pada siang hari biasanya tidak dilakukan kegiatan apapun sehingga kegiatan donor darah biasanya dilakukan setelah mereka semua berbuka puasa. 

Bertugas untuk memenuhi kebutuhan darah, ditengah pandemi Covid-19 ini UTD PMI Provinsi Bali membuat beberapa strategi agar kebutuhan darah tetap terpenuhi. 

"Diantaranya adalah memecah frekuensi kegiatan lebih banyak. Selain itu kami memiliki program door-to-door. Jadi nantinya akan ada 10 pendonor yang sudah siap diambil darahnya ketika dilakukan donor darah dengan sistem door to door," tutupnya. (*) 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved