Breaking News:

Berita Tabanan

Terdakwa Kasus Korupsi Dana Pensiun Veteran Tabanan Kembalikan Uang Rp350 Juta Lebih

Dua terdakwa kasus korupsi dana pensiunan akhirnya melakukan pengembalian kerugian keuangan negara ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabanan

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Dua terdakwa kasus korupsi dana pensiunan, gaji ke-13, dan THR untuk 163 orang Veteran Tabanan dengan kerugian negara Rp1.169.399.217 di Kantor Pos Kecamatan Kerambitan, Tabanan akhirnya melakukan pengembalian kerugian keuangan negara ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabanan, Senin 31 Mei 2021.

Total ada Rp354 Juta lebih yang dikembalikan dari dua terdakwa yang merupakan oknum pegawai kantor Pos Kerambitan Tabanan.

Selanjutnya, uang pengembalian ini telah diserahkan ke PT. Kantor Pos melalui  Kantor Pos Tabanan untuk selanjutnya disalurkan kembali kepada para penerima.

Menurut data yang diperoleh, rincian dari uang yang dikembalikan dua terdakwa korupsi ini di antaranya terdakwa atas nama Andi Wahyu Suwandito telah mengembalikan uangnya sekitar 95 persen dari kerugian negara.

Baca juga: Rekrutmen CPNS dan PPPK Ditunda di Tabanan Bali, Tunggu Jadwal Pasti dari Pemerintah Pusat

Ia telah mengembalikan Rp348.810.350 dari total uang korupsi senilai Rp367.295.750.

Kemudian untuk terdakwa I Putu Tika Ari Utama mengembalikan uang tunai senilai Rp5.811.886,00 dari total uang senilai Rp814.776.970,80 yang digunakan sebelumnya.

“Hari ini kita sudah lakukan eksekusi penandatanganan berita acara pengembalian uang pengganti dari dua terdakwa terkait kasus korupsi dana veteran Tabanan yang dilakukan oknum pegawai kantor Pos Kecamatan Kerambitan,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Tabanan, Ida Bagus Putu Widnyana, Senin 31 Mei 2021.

Menurutnya, saat kasus ini berjalan pihak Kejari Tabanan tak hanya fokus pada pengungkapan kasus dan penetapan tersangka namun juga fokus untuk menekankan atau mengambil langkah agar para terdakwa ini bisa melakukan pengembalian kerugian negara.

Baca juga: Sampah di TPA Mandung Meluber, Sekda Tabanan Akan Panggil OPD Terkait Besok

Hari ini, dua orang terdakwa telah mengembalikan uang pengganti seperti pada tuntutan pada sidang sebelumnya.

“Selanjutnya, uang pengganti atau pengembalian dari terdakwa ini kemudian diserahkan ke PT Kantor Pos melalui Kantor Pos Tabanan untuk selanjutnya akan disalurkan kembali kepada 163 veteran sebagai penerima,” ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved