Breaking News:

Sponsored Content

Tinjau Gladi Bersih Bapang Barong Sanggar Tari Bongkasa Abiansemal, Wabup Suiasa:Tunjukkan Kemampuan

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Badung akan terus mendorong dan menjadi garda depan bagi seluruh

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Wabup Suiasa saat melakukan kunjungan untuk kesiapan para sekaa Bapang Barong, tabuh dan penari pendamping di Bongkasa Abiansemal Badung, Minggu (30/5/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dalam rangka mematangkan Persiapan pementasan Bapang Barong di PKB ke-43, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melakukan kunjungan untuk kesiapan para sekaa Bapang Barong, tabuh dan penari pendamping di Bongkasa Abiansemal Badung, pada Minggu 30 Mei 2021 malam.

Acara yang dilaksanakan di Jaba Pura Taman Ayun Bongkasa Abiansemal Badung itu dihadiri Camat Abiansemal I B. Putu Mas Arimbawa, Komunitas Himpunan Jro Bapang Badung (HJB), para Kaling, tokoh masyarakat Bongkasa, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan Badung serta masyarakat setempat.

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Badung akan terus mendorong dan menjadi garda depan bagi seluruh kreativitas insan disegala bidang untuk kemajuan Badung kedepannya.

Dikatakan Bongkasa sudah tidak diragukan lagi, hampir setiap insan yang terlahir di Bongkasa sudah dibekali nafas seni, hal ini sudah mengakar di setiap insan dan jiwa orang-orang desa Bongkasa.

Baca juga: Kapolres Badung Pastikan Anggotanya yang Tertangkap Gunakan Sabu Akan Dipecat

“Kita harus bangga dengan hal tersebut, mari tetap jaga apa yang diberikan oleh hyang maha kuasa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Kehadiran kami disini selaku Pemerintah adalah untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para sekaa seniman Bapang Barong, para penabuh dan penari yang akan melakukan pentas Bapang Barong pada PKB ke-43 di Art Centre nanti,” ujar Wabup.

Wabup Suiasa mengatakan bahwa dirinya sangat percaya apa yang telah dilakukan selama ini oleh para sekaa dengan latihan yang keras, yang banyak menghabiskan ide, tenaga dan pikiran agar harmoni antara gerak tari dan tetabuhan menjadi indah, manis, enak untuk dilihat mata.

“Perlu saya ingatkan kepada para penabuh, penari Bapang Barong serta para pembina untuk membesarkan hati, untuk membawa hasil yang baik.

Tunjukkan kemampuan serta percaya diri saat akan tampil nanti tunjukkan pada mereka bahwa kita mampu.

Kita tampil nanti di PKB membawa nama Badung mari kita tunjukkan yang terbaik kepada mereka,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan tarian Bapang Barong merupakan salah satu seni tari tarian yang penuh dengan harmoni dan dimainkan oleh dua orang dengan bebarongan baik barong ket atau barong bangkung atau yang lainnya dengan gaya dan irama tegas dan keras oleh para penabuh gamelan.

Bapang Barong mempunyai wibawa penuh enerjik serta lugas, disinilah rohnya bapang barong menyatu dengan penarinya.

“Maka dari itu kalau nanti tampil di PKB harus jiwa itu tetap ditanam pada hati para penabuh dan penarinya, saya percaya para penikmat seni pasti terpuaskan oleh penampilan Bapang Barong dari Bongkasa Badung. Ayo genggam "erang jengah" tunjukkan yang terbaik untuk Badung,” ajak Wabup.

Pada kesempatan itu, sebelum menyaksikan gladi bersih Bapang Barong, Wabup Suiasa melakukan persembahyangan bersama “nunas ice” memohon kerahayuan kepada betara betari yang meligia di Pura Taman Ayun Bongkasa. (Adv/Gus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved