Breaking News:

Sponsored Content

Bupati Giri Prasta Hadiri Lokasaba VII MGPSSR di Bangli

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali melakukan anjangsana ke Kabupaten Bang

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Giri Prasta saat melakukan anjangsana ke Kabupaten Bangli dalam rangka menghadiri Lokasaba VII MGPSSR, Senin 31 Mei 2021 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali melakukan anjangsana ke Kabupaten Bangli dalam rangka menghadiri Lokasaba VII MGPSSR Kabupaten Bangli bertempat di Gedung PHDI Bangli, Senin 31 Mei 2021.

Dalam lokasaba yang dibuka oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta itu, Giri Prasta juga menyerahkan dana motivasi secara pribadi kepada pengurus MGPSSR Kabupaten Bangli.

Dalam sambutannya, Giri Prasta menyampaikan, merupakan sebuah kewajiban bagi pihaknya selaku Ketua MGPSSR provinsi Bali untuk melakukan anjangsana menghadiri acara lokasaba di seluruh kabupaten/kota yang ada di Bali.

“Sebuah kewajiban bagi kami untuk mengingatkan semeton Pasek agar selalu eling pada jati diri dalam melaksanakan Catur Swadarmaning Kepasekan dan sesana Kepasekan,” ujarnya

Baca juga: Pimpin Rakor, Bupati Giri Prasta Instruksikan Efisiensi dan Prioritaskan Belanja untuk Urusan Wajib

Pada kesempatan itu Giri Prasta juga mengajak semeton Pasek untuk menunjukkan jati diri, dengan mengedepankan rasa bakti ring Ida Hyang Widhi Wasa, bakti ring kawitan, tindih ring bhisama dan guyub ring semeton."

"Kenapa seperti itu, karena menurut Giri Prasta semeton Pasek itu saling sumbah, saling parid dan mesidikara."

“Saling sumbah karena satu Hyang Kawitan. Masidikara artinya duduk sama rendah berdiri sama tinggi."

"Dan saling parid, satu gelas kopi bisa berbagi, itulah Pasek sujati,” ucapnya seraya menambahkan bahwa pihaknya ingin membenahi dan meluruskan pemahaman kepasekan yang ada di Bali.

Baca juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Bukit Rinjani Desa Adat Pelaga

Terkait dengan Lokasaba, disebutkan Giri Prasta kepada pengurus MGPSSR Bangli, diminta membuat big data dengan melakukan pendataan terhadap keberadaan dadia, sulinggih pasek dan semeton pasek di seluruh kecamatan yang ada di Bangli.

“Kami siap men-support dengan memberikan dana operasional tiap 3 bulan, saya mau tidak adalagi friksi dan faksi dalam urusan mahagotra, saya siap mengurusi saudara sendiri,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved