Breaking News:

Berita Tabanan

Terdakwa Korupsi Dana LPD Batungsel Tabanan, Kartayasa Dijatuhi 6 Tahun Penjara dan Denda 200 Juta

Kasus korupsi dugaan penyalahgunaan dana Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Batungsel Kecamatan Pupuan, Tababan, Bali

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Tabanan, Ida Bagus Putu Widnyana saat memberikan keterangan terkait kasis LPD Batungsel, Kecamatan Pupuan, Tabanan. (Kanan) 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Kasus korupsi dugaan penyalahgunaan dana Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Batungsel Kecamatan Pupuan, Tababan, Bali, yang menjerat mantan kolektor, I Made Kartayasa telah terbukti dan diputus oleh Pengadilan Tipikor Denpasar, Selasa 25 Mei 2021.

Terdakwa telah dinyatakan terbukti melakukan korupsi dana LPD Batungsel senilai Rp913 Juta lebih.

Jika tak ada upaya banding dari terdakwa, kasus ini dinyatakan inkrah, Selasa 1 Juni 2021.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Tabanan, Ida Bagus Putu Widnyana mengungkapkan, kasus korupsi dana LPD Batungsel yang menyeret nama Kartayasa telah diputus oleh hakim pada 25 Mei 2021 lalu.

Baca juga: Overload Hingga 340 Persen dari Kapasitas, 50 Napi Lapas Tabanan Dipindahkan

Pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melakukan penuntutan pidana terhadap terdakwa selama 7 tahun dan diputus Majelis Hakim dengan hukuman 6 tahun penjara.

“Selain itu juga menuntut denda 250 juta subsider 6 bulan kurungan, kemudian hakim memutusnya dengan denda 200 juta subsider 4 bulan kurungan,” katanya, Selasa 1 Juni 2021.

IB Widnyana melanjutkan untuk uang pengganti, hakim juga sependapat dengan apa yang didakwakan atau tuntutan terhadap terdakwa I Made Kartayasa ini.

Terkait uang penggati tersebut nantinya akan diganti dengan kurungan 3 tahun 6 bulan dan hakim memutus selama 3 tahun.

“Hari ini akan memiliki kekuatan hukum tetap jika tidak ada upaya hukum dari pihak terdakwa, maka keputusan ini bisa disebutkan inkrah dan bisa dieksekusi selanjutnya,” ungkapnya.

Baca juga: Komisi IV Panggil Dinas Pendidikan dan Kesehatan Bahas PTM di Tabanan

Kronologis Pengungkapan Kasus

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved