Breaking News:

Berita Tabanan

Baru 3 Desa di Tabanan yang Bertransformasi Menjadi Desa Digital

Pengembangan desa digital memiliki manfaat yang luar biasa terutama pemberdayaan masyarakat desa.

TRIBUN BALI/I MADE PRASETIA ARYAWAN
Camat Kerambitan I Gusti Made Darma Ariantha saat ditemui Jumat 4 Juni 2021. 

TABANAN, TRIBUN BALI - Program Desa Digital di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan belum bisa berjalan. Banyak faktor yang menjadi penyebab.

Satu di antaranya adalah anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Padahal pengembangan desa digital memiliki manfaat yang luar biasa terutama pemberdayaan masyarakat desa.

Di Tabanan baru beberapa desa yang sudah yang menerapkannya. Seperti di Kecamatan Tabanan baru tiga desa yaitu Desa Dauh Peken, Delod Peken, serta Desa Gubug.

Baca juga: Desa Delod Peken Tabanan Bali Launching Desa Digital, Seluruh Desa Bakal Jadi Desa Presisi

Baca juga: Bupati Badung Akan Memberikan Reward & Bantuan Dana Pada Desa yang Berhasil Menerapkan Desa Digital

Di desa ini segala bentuk pelayanan administrasi di desa seperti pelayanan untuk urusan surat keterangan usaha, keterangan domisi, surat keterangan tidak mampu, pembuatan KK, KTP dan lainnya dilakukan secara digital.

"Dari 15 desa di Kerambitan yang ada baru Desa Kukuh Kerambitan yang sudah siap mengembangkan desa digital. Sisa masih banyak desa yang belum mengembangkan," kata Camat Kerambitan I Gusti Made Darma Ariantha saat ditemui Jumat 4 Juni 2021.

Darma Ariantha menyatakan, masih banyak desa yang belum bertransformasi ke desa digital di Kerambitan karena kendala dana di tengah pandemi Covid-19.

Banyak dana yang terpotong karena refocusing dialihkan ke penanganan Covid-19. Juga banyak masih desa yang mengalami blank spot jaringan alias susah sinyal.

"Dengan desa presisi kalau lebih banyak jaringan internet dan ada masuk fiber optik mungkin bisa lebih banyak desa yang bertranformasi ke digital," ujarnya.

Dia berharap lebih banyak desa yang menuju desa digital. Selain memudahkan akses komunikasi antara pemerintah kecamatan dan desa, juga memudahkan masyarakat dalam mengurus adminitrasi mereka.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved