Breaking News:

Berita Bali

BPPT Sebut Sistem Pendeteksi Tsunami InaBuoy di Perairan Selatan Bali Sering Hilang Dicuri

Sebagai daerah yang berada di jalur rawan gempa dan tsunami, membuat Bali harus terus siap siaga dalam menghadapi adanya ancaman bencana tersebut.

ist
Direktur Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana BPPT, M. Ilyas dalam webinar yang digelar BPPT yang bertajuk ‘Bersama Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Tsunami di Pulau Bali’, Kamis 3 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sebagai daerah yang berada di jalur rawan gempa dan tsunami, membuat Bali harus terus siap siaga dalam menghadapi adanya ancaman bencana tersebut.

Salah satunya dengan membangun kesiapsiagaan tersebut dengan membangun sistem peringatan dini tsunami atau Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS).

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan memasang beberapa alat sistem peringatan dini gempa dan tsunami di Bali.

“Bagaimana kita bersama membangun kesiapsiagaan ancaman bencana tsunami di Bali,” Direktur Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana BPPT, M. Ilyas dalam webinar yang digelar BPPT yang bertajuk ‘Bersama Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Tsunami di Pulau Bali’, Kamis 3 Juni 2021.

Ilyas menyebut bahwa saat ini pihaknya telah dan sedang mengembangkan beberapa sistem peringatan dini tsunami di Indonesia, termasuk di Bali.

Pendeteksi Tsunami Sering Dicuri, Wilayah Bali Rawan Gempa dan Tsunami

Pertama adalah InaBuoy yang berbasis buoy yang merupakan alat terapung yang dapat mendeteksi gelombang tsunami yang diakibatkan gempa bumi bawah laut. Buoy akan mengawasi dan mencatat perubahan tingkat air laut di samudera.

InaBuoy ini sendiri buat oleh bangsa Indonesia yang merupakan kerjasama antaa BUMN PT. PAL dengan BPPT sendiri.

Dalam Ina-TEWS berbentuk buoy ini sendiri memiliki dua sistem pemantauan, yang pertama adalah sistem pemantauan darat yang terdiri dari jaringan seismometer broadband dan GPS.

Yang kedua, sistem pemantauan laut (sea monitoring system) terdiri atas buoy, tide gauge, dan CCTV.

“Untuk BPPT sendiri diberikan tugas untuk membangun sistem peringatan dini di laut, dimana BPPT saat ini sedang mengembangkan infrastruktur yang pertama adalah InaBuoy atau sistem peringatan dini gempa dan tsunami berbasis buoy,” jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Ragil Armando
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved