Berita Bali

Bertepatan Dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Athan Siahaan Adakan Parade Foto di Gianyar

Bertepatan dengan Hari Bumi atau Lingkungan Hidup Sedunia, Designer Athan Siahaan menggelar parade foto

Tribun Bali/Rizal Fanany
Model memperagakan busana desain by Athan Siahaan dalam kegiatan pengenalan wastra nusantara di tengah air terjun Tegenungan, Gianyar,Sabtu, 5 Juni 2021. Kegiatan ini sekaligus memperingati hari lingkungan hidup sedunia serta membangkitkan pariwisata Bali - Bertepatan Dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Athan Siahaan Adakan Parade Foto di Gianyar 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Bertepatan dengan Hari Bumi atau Lingkungan Hidup Sedunia, Designer Athan Siahaan menggelar parade foto dengan menggunakan Wastra Nusantara.

Dikarenakan diselenggarakan pada Sabtu 5 Juni 2021, dan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup, Athan menggelar acara tersebut di Obyek Wisata Air Terjun Tegenungan, Gianyar, Bali.

Ketika ditemui, Athan menjelaskan bagaimana konsep dari parade foto yang ia buat.

"Hari ini adalah Hari Bumi di mana saya ingin menyatukan Wastra dengan Bumi, semua elemen yang ada di Bumi sehingga Wastra Nusantara menjadi 'when culture meet nature', dan ketika budaya ketemu dengan alam, ketika kita bisa menghargai alam dan kita bisa membuat sesuatu berbeda dengan orang lain," ungkapnya.

Baca juga: Komunitas Cinta Kain Bali Gelar Dialog Memperingati Hari Kartini, Teladani Soal Sikap Berbusana

Lebih lanjutnya ia juga mengatakan, selama ini mungkin kebanyakan desainer di Jakarta identik dengan kegiatan fashion show yang diadakan di panggung-panggung megah, mewah.

Menurutnya, dimana saja tempatnya tetap dapat melakukan promosi khususnya tentang Wastra Nusantara.

"Contohnya saja seperti di areal berbatu dengan air terjun seperti ini, sesuatu yang sangat pas karena di tempat ini semua elemen ada, jadi selamat Hari Bumi dan salam Wastra Nusantara. Selain itu, tujuan saya mengadakan kegiatan ini adalah saya ingin mengajak seluruh kaum milenial di Indonesia ayo bangga dengan Wastra Nusantara karena saat ini untuk di Indonesia sendiri, Wastra Nusantara sudah dapat menjadi penunjang sistem ekonomi," imbuhnya.

Saat ini para perajin Wastra di Nusantara sudah menggiatkan produksinya, sehingga jadi tumpuan ekonomi bagi keluarga mereka.

Hal tersebut secara tidak langsung membantu mereka untuk mengangkat perekonomiannya secara kreatif dan kearifan lokal.

Alasannya memilih mengadakan parade foto di Air Terjun Tegenungan adalah karena ingin mengajak semua pihak untuk melihat aliran air yang mengalir begitu derasnya, sama dengan sebuah produktivitas para perajin di Nusantara sedemikian rupanya supaya sedemikian derasnya mengalir rejekinya mereka.

Sehingga ekonomi kreatif mereka dan kearifan lokal mereka terangkat secara langsung.

Untuk kain Wastra yang digunakan saat ini berasal dari semua daerah yakni dari Sabang sampai Merauke.

"Untuk kain wastra yang hari ini, semua berasal mulai dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai pulau Toti semua ada, kareja ada tenunan ada Ulos Batak, ada Endek ada NTT ada Manado, ada Jawa juga, Sumbawa dan Bali sendiri juga semua ada," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved