Breaking News:

Berita Klungkung

Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Klungkung, Upaya Restorasi Lingkungan Harus Terus Dilakukan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, saat ini lingkungan mengalami ancaman serius dari sampah plastik.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Klungkung dipusatkan di TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) Centre di Dusun Karangadi, Desa Kusamba, Klungkung, Sabtu (5/6/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Klungkung dipusatkan di TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) Centre di Dusun Karangadi, Desa Kusamba, Klungkung, Sabtu 5 Juni 2021.

Peringatan yang digelar rutin setiap tahun ini mengambil tema restorasi lingkungan, yakni mengembalikan ekosistem ke awal dengan langkah-langkah dan upaya-upaya pencegahan dan pelestariannya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, saat ini lingkungan mengalami ancaman serius dari sampah plastik.

Hal inilah yang seharusnya disadari dengan melakukan langkah nyata dalam memerangi sampah plastik.

Baca juga: Tingkat Konsumsi Ikan di Bali Rendah, Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan Dilaksanakan di Klungkung

" Kami di Klungkung tentu sudah mulai, dengan membiasakan masyarakat memilah sampah dari rumah tangga, serta melakukan puputan sampah plastik.

Tapi ini harus terus digalakkan, tidak hanya seremonial semata" ungkap Suwirta.

Langkah awal dalam melakukan restorasi lingkungan, yakni dengan merubah mind set serta kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih dan mampu mengelola sampah secara mandiri

Menurutnya merestorasi atau mengembalikan lingkungan tidaklah mudah.

 Banyak hal yang harus dilakukan seperti memilah sampah dari rumah, menanam pohon, mengelola sampah dan itu harus dilakukan secara terus-menerus

"Jangan pernah bertanya apa yang dilakukan orang lain, tapi bertanya ke diri sendiri apa yang sudah kita lakukan, khususnya untuk lingkungan kita sendiri," jelasnya.

Kegiatan peringatan hari lingkungn hidup sedunia di Klungkung diisi dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar area masuk TOSS Center, penandatanganan kerja sama antara Pemkab Klungkung dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), serta serah terima bantuan sarana persampahan oleh APSI. Bantuan sarana pengelolaan persampahan oleh APSI tersebut berupa mesin conveyor, jembatan timbang (Platform Set Truck Scale), dan dua unit timbangan digital

Lalu ada pula kegiatan Gema Tansaplas (Puputan Sampah Plastik) oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung dan kegiatan penyemprotan eco-enzym menyasar TPA Sente, Pasar Galiran dan seputaran kota Semarapura.

Kegiatan peringatan hari lingkungan hidup sedunia di Klungkung dihadiri Kadis LHP Klungkung I Ketut Suadnyana, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dan undangan terkait lainnya. (mit/adv)

Artikel lainnya di Berita Klungkung

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved