Breaking News:

Berita Bali

Peringati Bulan Bung Karno 2021, PDIP Bali Gelar Lomba Desain Endek

Koordinator Lomba Desain Endek Bali DPD PDIP Bali Ketut 'Boping' Suryadi mengatakan bahwa lomba desain endek ini diikuti peserta sebanyak 102 orang

Tribun Bali/Ragil Armando
Memperingati Bulan Bung Karno 2021, PDIP Bali menggelar Lomba Desain Endek Bali Lomba tersebut digelar di Sekretariat PDIP Bali, Minggu 6 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Memperingati Bulan Bung Karno 2021, PDIP Bali menggelar Lomba Desain Endek Bali.

Lomba tersebut digelar di Sekretariat PDIP Bali, Minggu 6 Juni 2021.

Kepada awak media, Koordinator Lomba Desain Endek Bali DPD PDIP Bali Ketut 'Boping' Suryadi mengatakan bahwa lomba desain endek ini diikuti peserta sebanyak 102 orang peserta se-Bali.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 25 peserta berasal dari Kota Denpasar.

Baca juga: Endek Jalak Bali Jembrana Jadi Pemenang, Gaungkan Semangat dan Gagasan Bung Karno

'Lomba ini berawal dari kabupaten kota yang dilaksanakan oleh semua DPC PDIP Kabupaten Kota dan dilahirkan tiga juara dari masing-masing DPC.

 Para juara dari kabupaten kota dibawa ke Provinsi dan telah lahir para juara," ucapnya.

Politikus yang juga Anggota DPRD Bali ini menyebutkan bahwa banyak dari para peserta lomba,  desain yang dikirim oleh peserta masih banyak diluar kriteria.

Pasalnya, masih banyak pola yang melenceng seperti motif ukiran, sitiran, pewarnaan yang sudah sejak awal disampaikan bahwa warna pokok adalah Tri Datu (merah, putih, hitam) dan warna ini sesungguhnya bisa dikombinasikan.

"Peserta lomba lupa dengan desain sangat bagus tetapi lupa para desain memperhatikan terapan ikat. Sebab, desain yang dibuat harus ada terapan ikat dan itu ciri kas tenunan tradisional Bali," jelasnya.

Dalam Lomba Desain Endek ini juara pertama diberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta, juara kedua sebesar 7,5 juta, Juara  ketiga diberikan uang pembinaan Rp 5 juta dan juara favorit diberikan uang pembinaan Rp 2,5 juta

Halaman
1234
Penulis: Ragil Armando
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved