Breaking News:

Berita Bali

Sekolah Negeri Lebih Dicari Dibanding Swasta dalam PPDB, Dewan Bali Minta Orang Tua Murid Pahami Ini

biasanya seperti dalam PPDB tahun-tahun sebelumnya persoalan persaingan antara sekolah negeri dan swasta selalu menjadi kisah klasik

Ilustrasi: Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi PPDB 2021. Minat ke Sekolah Negeri Lebih Tinggi Dibanding Swasta dalam PPDB, Dewan Bali Minta Orang Tua Murid Pahami Ini 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR  – Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 yang sudah di depan mata, persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kembali menyeruak.

Pasalnya, puluhan ribu lulusan SMP akan memasuki jenjang SMA/SMK atau jenjang SD ke SMP.

Bahkan, biasanya seperti dalam PPDB tahun-tahun sebelumnya persoalan persaingan antara sekolah negeri dan swasta selalu menjadi kisah klasik.

Hal ini karena banyak orang tua murid yang lebih memilih untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah negeri.

Baca juga: Disdikpora Badung Akui Daya Tampung Mencukupi saat PPDB 2021,Tapi Ada Penumpukan di Sejumlah Sekolah

Fenomena tersebut membuat banyak sekolah swasta terancam tidak mendapatkan murid, sehingga terancam tidak bisa beroperasi karena tidak mendapatkan murid.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Bali, Nyoman Wirya menyebutkan bahwa fenomena tersebut terjadi kebanyakan di wilayah Bali Selatan yakni, Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Ya tetapi kalau pemikiran kami tidak seperti tahun ke tahun, memang fenomenanya antara swasta dan negeri, tetapi untuk Denpasar dan Badung ya itu di sana titik masalahnya,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu 6 Juni 2021.

Bahkan, pihaknya menyebutkan bahwa untuk di luar wilayah tersebut, kuota penerimaan siswa baru masih longgar dan tidak ada persoalan berarti.

“Kalau di tempat lain rasanya nggak anu ya, kuota masih tetap longgar,” jelas politikus Golkar ini.

Seperti di wilayah Tabanan, ia mencontohkan bahwa banyak siswa masih meminati sekolah swasta seperti SMK di bidang perhotelan dan kapal pesiar.

Halaman
1234
Penulis: Ragil Armando
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved