Breaking News:

Berita Ekonomi

Tahun 2020 Bank BPD Bali Berhasil Catatkan Laba  Rp521,8 M dengan Pembagian Dividen Rp469,6 M

Bank BPD Bali di Tahun 2020 berhasil mencatatkan laba sebesar Rp521,8 miliar dengan pembagian dividen sebesar Rp469,6 miliar.

Istimewa
Perayaan HUT ke 59 Bank BPD Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Bali, I Nyoman Sudharma, SH, MH., menyampaikan bahwa dari performance keuangan, Bank BPD Bali di Tahun 2020 berhasil mencatatkan laba sebesar Rp521,8 miliar dengan pembagian dividen sebesar Rp469,6 miliar.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan ketentuan POJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank di akhir Tahun 2024 Bank BPD Bali dapat memenuhi kewajiban modal inti paling sedikit 3 T.

Mempercepat proses peningkatan Bank BPD Bali menjadi Bank dengan Kategori BUKU III sehingga dapat semakin memperluas bidang usaha dan semakin mengukuhkan Bank BPD Bali sebagai penghasil pendapatan terbesar bagi Pemerintah Daerah Bali.

Baca juga: Mulai Besok 1 Juni 2021, Bank Mandiri Blokir Kartu ATM Versi Lama, Terbaru Gunakan Versi Chip

"Pencapaian ini tentunya didukung dengan berbagai program percepatan digitalisasi Bank BPD Bali yang telah dirintis dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari digitalisasi proses bisnis pada Pemerintah Daerah melalui E-Bansos, E-Ticketing, E-Retribusi, Pembayaran Pajak Daerah Online dan Pembayaran Samsat dengan Virtual Account, digitalisasi proses bisnis pada Rumah Sakit melalui pembayaran tagihan rumah sakit secara online sampai pada digitalisasi proses bisnis lainnya seperti Mobile Banking, Internet Banking, QRIS, E-Link LPD, E-Link BPR, pembukaan rekening secara online melalui Online on Boarding dan uang elektronik Bank BPD Bali," jelasnya. 

Menurutnya, pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran berharga bagi  insan perbankan. 

Baca juga: Dinilai Sukses Kembangkan Padi Organik, 54 BPD Se-Gianyar Datangi Desa Sidan

Ia menjelaskan bahwa di Tahun 2020, dalam terpuruknya kondisi pariwisata Bali, Bank BPD Bali berupaya keras untuk beradaptasi secara cepat menghadapi perubahan arah bisnis perbankan dengan semangat kerja keras, inovasi dan kreasi yang pada akhirnya dapat menghantarkan Bank BPD Bali menutup Tahun 2020 dengan prestasi yang baik.

"Di Tahun 2020 Bank BPD Bali mencatatkan penghargaan di berbagai bidang khususnya terkait penyaluran UMKM, penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik dari seluruh Bank BUKU I dan II di Indonesia, penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan sebagai Bank Penyalur KUR Terbaik III se-Bali dan berbagai penghargaan lainnya," kata  I Nyoman Sudharma, SH, MH., pada Minggu 6 Juni 2021.

Menurutnya, hal ini sebagai perwujudan visi dan misi Bank BPD Bali sekaligus dukungan pada program pemerintah khususnya penciptaan daya saing UMKM sebagaimana amanat UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

Baca juga: Guna Membangkitkan Perekonomian, BPD Bali Berikan Dana Stimulus Usaha & Program Khusus Bagi UMKM

I Nyoman Sudharma, SH, MH., juga menjelaskan bahwa di Tahun 2021, Bank BPD Bali tetap mengedepankan dukungan kepada pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional melalui realisasi berbagai program pemulihan ekonomi pemerintah diantaranya melalui Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp. 377.98 miliar mencapai 161.99 persen dari target Mei 2021.

Halaman
123
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved