Breaking News:

Berita Karangasem

Elnusa Petrofin Dukung Pengembangan UMKM Virgin Coconut Oil dari Desa Antiga Karangasem

PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) menggelar peluncuran produk Mesari Virgin Coconut Oil (VCO).

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Berfoto bersama menunjukkan produk Mesari Premium Virgin Coconut Oil dari Desa Antiga. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, AMLAPURA – PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) menggelar peluncuran produk Mesari Virgin Coconut Oil (VCO) produksi UMKM Desa Antiga binaan Elnusa Petrofin di Kecamatan Manggis Karangasem, Selasa 8 Juni 2021.

Kegiatan peluncuran dihadiri langsung oleh Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, Executive General Manager Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) V, C.D. Sasongko, Bupati Karangasem yang diwakili oleh Assisten III,  I Gusti Gede Rincek, serta tokoh masyarakat setempat bersama dengan rekan media.          

Kegiatan launching produk VCO Mesari ini merupakan tahap puncak dalam rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan, berupa pembuatan VCO bagi warga binaan di Desa Antiga Kabupaten Karangasem Bali yang telah dimulai sejak akhir tahun 2019 yang lalu.

Berangkat dari potensi alam Desa Antiga yang kaya akan pohon kelapa yang menghasilkan buah kelapa berkualitas unggul.

Tim CSR Elnusa Petrofin bersama Permekel desa setempat (Bumdes) bersama-sama menggali potensi yang dapat dimanfaatkan untuk turut membantu warga dalam meningkatkan kemandirian yang dapat menunjang kualitas hidup mereka, terutama secara ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Bank Indonesia Puji Strategi Banyuwangi Pulihkan Ekonomi UMKM

Sosialisasi Integrasi Ultra Mikro di Denpasar, Nyoman Parta Ajak UMKM Bangkit

Setelah melalui beberapa kajian bersama, disepakati untuk membuat dan memproduksi Virgin Coconut Oil yang didukung penuh oleh Elnusa Petrofin mulai dari tahap sosialisasi dan pembekalan mengenai potensi VCO secara kesehatan dan keekonomian.

Kemudian pelatihan pembuatan VCO secara teori dan praktek dengan menggandeng praktisi berpengalaman, pemberian bantuan mesin parut dan mesin pemeras kelapa, pelatihan pemasaran produk.

Hingga dukungan permodalan awal, penamaan produk, perijinan edar produk sampai dengan peluncuran produk yang berlangsung hari ini.

Produk Mesari Virgin Coconut Oil ini dijual dalam 1 ukuran botol berkapasitas 250ml dan diharapkan mampu bersaing dipasaran sehingga dapat mensejahterakan pengrajin serta masyarakat Antiga. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved