Breaking News:

Berita Bali

Realisasi Belanja Pemprov Bali dari APBD Masih Rendah, Dewan Minta Pemprov Segera Cairkan Dana Hibah

Ada beberapa daerah yang mendapat rapor merah dari pemerintah pusat terkait daerah-daerah yang realisasi belanja anggarannya masih rendah

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
hai.grid.id
Ilustrasi Uang - Realisasi Belanja Pemprov Bali dari APBD Masih Rendah, Dewan Minta Pemprov Segera Cairkan Dana Hibah 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Memasuki semester II tahun 2021, realisasi belanja pemerintah daerah (pemda) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di berbagai daerah masih dinilai kecil.

Ada beberapa daerah yang mendapat rapor merah dari pemerintah pusat terkait daerah-daerah yang realisasi belanja anggarannya masih rendah.

Menariknya, dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, Bali masuk menjadi salah satu daerah yang dinilai belanja anggarannya rendah.

Mengutip data dari Kemendagri, hingga 25 Mei 2021 realisasi belanja pemerintah Provinsi Bali mencapai 14,05 persen atau setara Rp 843 miliar dari total APBD Induk 2021 yang berjumlah Rp 6 triliun.

Baca juga: Rebutan Air Irigasi, Dua Subak di Perbatasan Tabanan-Badung Ini Geruduk DPRD Bali

Hal ini membuat Bali berada di posisi keenam daerah yang dianggap ‘pelit’ belanja anggaran.

Dari data tersebut Provinsi Papua Barat paling sedikit membelanjakan APBD, realisasinya hanya 5,5 persen dari pagu.

Disusul Kalimantan Barat yang hanya terserap 11,08 persen dan Sulawesi Barat 11,23 persen.

Posisi terbawah selanjutnya yaitu Sulawesi Selatan yang baru terserap 13,09 persen, Riau 13,12 persen, Sulawesi Tengah 13,75 persen, Bali 14,05 persen, dan D.I Yogyakarta 14,48 persen.

Sedangkan penyerapan belanja tertinggi berada di Kalimantan Selatan yang sebesar 27,51 persen, Maluku 27,43 persen, Kalimantan Tengah 26,52 persen, DKI Jakarta 25,30 persen, dan Bengkulu 25,28 persen.

Terkait dengan fenomena tersebut, Wakil Ketua DPRD Bali, Nyoman Sugawa Korry meminta Pemprov Bali mencermati data Kemendagri tersebut secara serius.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved