Breaking News:

Berita Bali

Melalui Penandatanganan Kerjasama, Basarnas Bali Perkuat Hubungan dengan RAPI

Basarnas Bali melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah Bali, Rabu 9 Juni 2021 di Kantor Bas

ist
Basarnas Bali melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah Bali, Rabu 9 Juni 2021 di Kantor Basarnas Bali, Jimbaran.  

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah Bali, Rabu 9 Juni 2021 di Kantor Basarnas Bali, Jimbaran. 

Acara tersebut juga melibatkan kehadiran secara virtual dari pejabat Basarnas Pusat dalam hal ini oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian, sementara dari pihak RAPI Pusat diwakilkan oleh Ketua Satu RAPI Gugus Nasional. 

Dalam sambutannya saat membuka acara penandatanganan ini, Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan dari kerjasama antara kedua belah pihak adalah memberikan kemudahan saat pelaksanaan operasi SAR khususnya dalam hal komunikasi. 

"Basarnas dari segi sumber daya manusianya ataupun sarana prasarana ada keterbatasan, sehingga dipandang perlu menjalin kerja sama," tutur Darmada. 

Harapan dari semua pihak terkait adanya perjanjian kerjasama ini, agar bisa membantu dan memberikan kemudahan dalam dukungan komunikasi, di lokasi kejadian yang tidak dapat dijangkau alat komunikasi yang dimiliki Basarnas. 

PLN UID Bali Bersama RAPI Gelar Sinergi Kemitraan, Menghadirkan Sosialisasi Ketenagalistrikan

Bupati Karangasem Buka Pelatihan SAR yang Digelar Oleh Basarnas Bali

"Dalam operasi SAR langkah awal melalui precom excom, dimana komunikasi semangat diperlukan sebagai hal yang memiliki peran dalam mengambil tindak lanjut dalam menangani laporan yang diterima Basarnas," imbuhnya. 

Disisi lain penyelenggaraan penandatanganan perjanjian kerjasama merupakan tindak lanjut nota kesepahaman yang sudah terlebih dahulu terlaksana antara Basarnas dan RAPI Pusat. 

Menurut Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014, Basarnas diberikan kewenangan untuk meminta bantuan dan sekaligus pengerahan serta pengendalian kepada unsur SAR dalam hal ini lembaga, instansi ataupun kelompok yang memiliki kemampuan tertentu dan bisa membantu proses operasi SAR. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Satu RAPI Gugus Nasional, Ridwan dan juga Kepala Biro Perencanaan, Moh. Barokna Haula, menyambut baik adanya perjanjian ini. 

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved