Breaking News:

Corona di Indonesia

Pulau Jawa Sumbang 52,4 Persen, Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat

Wiku memperkirakan kasus Covid-19 akan terus mengalami kenaikan dalam beberapa pekan ke depan sebagai dampak dari Idul Fitri 2021.

Editor: DionDBPutra
Humas BNPB
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pulau Jawa menjadi wilayah dengan mayoritas kasus Covid-19 di Indonesia.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, Pulau Jawa berkontribusi terhadap 52,4 persen jumlah kasus Covid-19 secara nasional.

Wiku memperkirakan kasus Covid-19 akan terus mengalami kenaikan dalam beberapa pekan ke depan sebagai dampak dari Idul Fitri 2021.

Baca juga: Setahun Lebih Pandemi Covid-19 di Bali, Jumlah Pasien Meninggal Capai 1.514 Jiwa

Baca juga: Kadiskes Bali Buka Suara Terkait Jumlah Pasien Meninggal Akibat Covid-19 Capai 1.514 Orang

”Saya ingin menyampaikan bahwa pulau Jawa berkontribusi terhadap 52,4 persen kasus (Covid-19) nasional dan diperkirakan akan ada kenaikan kasus dalam beberapa pekan ke depan pasca Idul Fitri,” kata Wiku dalam keterangan pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 9 Juni 2021.

Wiku mengungkapkan, jika dilihat dari data perkembangan kasus harian per 8 Juni 2021, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 6.294.

Kemudian, kasus aktif saat ini sebanyak 99.973 kasus atau 5,4 persen. Sementara jumlah kasus sembuh kumulatif adalah 1.717.370 atau 91,9 persen.

”Sedangkan jumlah kasus meninggal kumulatif adalah 51.992 atau 2,78 persen," tutur Wiku.

"Sehingga munculnya lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah harus menjadi pelajaran bagi kita semua terutama dalam mengantisipasi aktivitas masyarakat yang menimbulkan kerumunan dan meningkatkan potensi penularan yang ada," tegasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus, pemerintah telah berupaya melakukan langkah terbaik melalui upaya preventif sampai dengan kuratif.

Upaya ini dilakukan melalui penguatan peran strategis dari posko penanganan Covid 19 di tingkat desa atau kelurahan, dan peran posko ini sangat penting dalam melakukan pencegahan yang lebih efektif dan efisien, dan tepat sasaran di tataran mikro.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved