Breaking News:

Berita Bali

Korupsi Rp 355 Juta, Mantan Ketua LPD Kalianget Buleleng Divonis 4,5 Tahun Penjara

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi di lembaga yang dipimpinnya itu, hingga menimbulkan kerugian keuangan negara

Tribun Bali/dwi suputra
ilustrasi korupsi - Korupsi Rp 355 Juta, Mantan Ketua LPD Kalianget Buleleng Divonis 4,5 Tahun Penjara 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Majelis hakim Tipikor Denpasar menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan (4,5 tahun) terhadap mantan Ketua LPD Desa Adat Kalianget, Kecamatan Seririt, Buleleng, Ketut Darmada alias Leber (49).

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi di lembaga yang dipimpinnya itu, hingga menimbulkan kerugian keuangan negara mencapai Rp 355 juta.

Amar putusan telah dibacakan majelis hakim pimpinan Hakim Kony Hartanto didampingi Hakim Anggota, Miptahul dan Nelson dalam sidang yang digelar daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis, 10 Juni 2021.

Terhadap putusan itu, terdakwa didampingi penasihat hukumnya dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan pikir-pikir.

Baca juga: Mantan Ketua LPD Kalianget Buleleng Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi

Putusan majelis hakim lebih ringan dari tuntutan JPU.

Sebelumnya JPU dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng menuntut Darmada dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan (5,5 tahun).

Pidana denda sebesar Rp 250 juta subsider 1 tahun kurungan.

Juga dituntut membayar uang pengganti Rp 355.690.414 subsider 3 tahun penjara.

Sementara itu, dalam amar putusan majelis hakim menyatakan, terdakwa terbukti melanggar Pasal 2 Jo. Pasal 18 ayat (1) huruf a dan huruf b, ayat (2) dan ayat (3) UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ketut Darmada alias Leber dengan pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dan dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan.

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved