Berita Klungkung

Sregig Harapkan Bantuan Pemerintah Terkait Perlindungan Spesies & Habitat Penyu di Pantai Watuklotok

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama dengan Kapolres Klungkung, AKBP Aria Bima Viyasa meninjau langsung penemuan ribuan telur penyu tersebut

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) mengamankan ribuan telur penyu di pesisir Pantai Watu Klotok, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) mengamankan ribuan telur penyu di pesisir Pantai Watu Klotok.

Ribuan telur penyu itu, terdiri dari telur penyu jenis Lekang (Lepidochelys olivacea).

Bahkan juga terdapat telur jenis penyu hijau (Chelonia mydas) yang saat ini status konservasinya terancam punah berdasarkan IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama dengan Kapolres Klungkung, AKBP Aria Bima Viyasa meninjau langsung penemuan ribuan telur penyu tersebut di Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Klungkung, Kamis 10 Juni 2021.

Baca juga: Pasca Banjir di Desa Kusamba Klungkung, Beberapa Warga Sempat Mengungsi dan Tidur di Atas Meja

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) Ketut Sergig menyampaikan, jumlah telur penyu yang ditemukan itu berjumlah kurang lebih 5.400 butir.

Berdasarkan hasil identifikasi, telur itu merupakan jenis  Penyu Hijau  (Chelonia mydas) dan penyu Lekang (Lepidochelys olivacea).

" Dua jenis penyu ini memang sering  bertelur di sepanjang Pantai Lepang sampai Pantai Watu Klotok pada Awal bulan Mei sampai dengan Akhir Bulan Agustus," ungkap Sergig.

Proses dari telur sampai menetas kedua jenis penyu ini terjadi antara 42-45 hari.

Dihadapan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Sergig meminta agar kelompoknya lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Ia ingin pemerintah ikut aktif untuk melindungi penyu.

Selama ini kelompoknya itu sering kali beraktivitas secara swadaya.

"Kami ingin meminta bantuan jaring yang nantinya akan dipakai oleh KPPWK sebagai pagar pengaman telur penyu dari serangan binatang liar," ungkap Sergig.

Mendengar hal tersebut, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta akan berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk dapat segera membantu kelompok pelestari penyu di Watu Klotok.

"Saya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk dapat segera membantu Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok. Karena kontribusi mereka sangat besar, untuk kelestarian spesies penyu dan habitarnya," ujar Wabup Kasta.

Baca juga: Pasca Terjangan Banjir di Desa Kusamba Klungkung, Sumur Wayan Eden Keruh dan Berbau Amis

Wabup Kasta dalam kesempatan tersebut juga melakukan peletakan telur pada lokasi yang sudah disiapkan oleh Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok dengan luas lahan 50 meter persegi.

" Kami tentu berharap agar telur penyu ini dapat menetas dengan baik, sehingga dapat menambah populasi penyu hijau dan penyu lekang di dunia," harapnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
  • Berita Terkait :#Berita Klungkung
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved