Breaking News:

Berita Bangli

625 Warga Bangli Urus Dokumen Ketenagakerjaan

Ni Ketut Wardani mengungkapkan, sejak tanggal 1 Januari hingga 10 Juni 2021, tercatat sebanyak 625 orang yang mengurus dokumen ke Dinas

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Ni Ketut Wardani saat ditemui di ruang pelayanan dokumen ketenagakerjaaan, Kamis 10 Juni 2021 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Ratusan warga Bangli diketahui telah mengurus dokumen ketenagakerjaan.

Dokumen tersebut beberapa diantaranya merupakan syarat sebagai calon tenaga kerja indonesia.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Nakertrans, Ni Ketut Wardani mengungkapkan, sejak tanggal 1 Januari hingga 10 Juni 2021, tercatat sebanyak 625 orang yang mengurus dokumen ke Dinas.

Di mana 325 orang mengurus AK 1 atau Kartu Pencari Kerja/Kartu Kuning, 103 orang mengurus rekomendasi passport, dan 195 orang yang mengurus ID Tenaga Migran.

Baca juga: Pelayaran Kembali Dibuka, PMI Asal Bangli Satwika Bersyukur dan Bahagia

“Mereka semua merupakan calon tenaga kerja Indonesia yang akan mencari kerja,” ucapnya.

Wardani menegaskan, pengurusan dokumen di Dinas tidak membutuhkan waktu lama, apabila seluruh persyaratan sudah lengkap.

Dikatakan untuk pengurusan AK 1, syarat yang dibutuhkan diantaranya fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, dan foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

Mengenai syarat rekomendasi passport manual, dibutuhkan fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, fotokopi ijazah terakhir, surat keterangan sehat/medical, pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, fotokopi passport, fotokopi kontrak, dan job letter.

Sedangkan syarat registrasi ID Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) diantaranya surat pengantar dari agent, fotokopi SIP dari agent, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, fotokopi akta pernikahan, fotokopi ijazah terakhir, surat perjanjian penempatan dari agent, fotokopi AK1.

“Termasuk juga surat izin dari orangtua/suami/istri, fotokopi seaman book, fotokopi passport, surat keterangan sehat/medical, job letter, dan pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar,” sebutnya.

Sedangkan warga Bangli yang sudah dipastikan berangkat ke luar negeri, tercatat sebanyak 46 orang yang telah diberangkatkan.

Baca juga: Gede Willy Keluarkan Biaya Rp 8 Juta Urus Dokumen, 171 PMI Asal Klungkung Berangkat ke Luar Negeri

27 diantaranya merupakan laki-laki, dan 19 orang sisanya perempuan.

“Masing-masing ditempatkan di negara berbeda. Antara lain Hungaria, Italia, Lithuania, Maldives, Rusia, Turkey,” sebutnya.(*).

Kumpulan Artikel Bangli

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved