Breaking News:

Berita Gianyar

Ketua Dekranasda Gianyar Menerima Kunjungan Dekranasda Kota Batu

Kabupaten Gianyar dikenal sangat kaya akan produk kerajinan IKM/UKM nya. Bahkan telah dinobatkan sebagai salah satu  kota kerajinan dunia.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Noviana Windri
ist
Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny.Surya Adnyani Mahayastra kala menyambut kunjungan kerja Dekranasda Kota Batu Malang, di Bali Taksu Gallery, Desa Mas Ubud, pada Jumat 11 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Kabupaten Gianyar dikenal sangat kaya akan produk kerajinan IKM/UKM nya. Bahkan telah dinobatkan sebagai salah satu  kota kerajinan dunia atau World Craft City. 

Hal ini didukung oleh beragam jenis produk kerajinan lokal yang tersebar hampir di seluruh Kabupaten Gianyar. Produk kerajinan seperti kerajinan kayu, bambu, tulang, tenun, perak dan lain- lainnya.

Bahkan tercatat pada tahun 2019 terdapat sebanyak 171 sentra IKM dengan 23.695 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 79.650 orang. Hal ini dipaparkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny.Surya Adnyani Mahayastra kala menyambut kunjungan kerja Dekranasda Kota Batu Malang, di Bali Taksu Gallery, Desa Mas Ubud, pada Jumat 11 Juni 2021.

Ditambahkan, saat ini untuk kerajinan kayu terdapat 55 sentra industri dengan 6.540 unit usaha, dengan menyerap 19.492 orang.

Sedangkan untuk kerajinan tenun, dengan jumlah IKM tenun sebanyak 17 IKM dengan menyerap tenaga kerja sekitar 350 orang.

Jalin Kerjasama Dengan BPD Bali, STIMIK Primakara Harap Dapat Jalankan Program Penguatan UMKM

OJK Gelar Webinar Security Crowdfunding, UMKM Diharapkan Mendapatkan Wawasan

"Besarnya potensi industri itu membuat kami di Dekranasda sebagai mitra pemerintah, harus terus berupaya memberikan pembinaan agar tetap dapat bertahan meski suasana masih belum stabil akibat pandemi," papar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Upaya tersebut seperti memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para perajin, salah satunya di tahun 2020 memfasilitasi pelatihan desain tenun cagcag disertai bantuan alat tenun cagcag 15 unit, 2 unit ATBM dan 1 unit hanya kepada kelompok tenun Sari Bakti Banjar Pesalakan Desa Pejeng Kangin. Disamping itu juga mengikutsertakan produk kerajinan para perajin di Gianyar pada setiap kesempatan mengadakan pameran.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra berharap besar pada kunjungan Dekranasda Kota Batu Malang, dapat memberikan imbas yang cukup baik.

Bahwa Bali dan Kabupaten Gianyar khususnya sudah aman dan layak dikunjungi.

Meskipun masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved