Breaking News:

Berita Bali

MPR RI Godok Perubahan ke-5 UUD 1945

Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad Al-Haddar mengatakan, bahwa saat ini MPR RI tengah menggodok perubahan ke-5 UUD 1945

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad Al-Haddar - MPR RI Godok Perubahan ke-5 UUD 1945 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad Al-Haddar mengatakan, bahwa saat ini MPR RI tengah menggodok perubahan ke-5 UUD 1945.

Hal ini disampaikan Fadel dalam sosialiasi empat pilar kebangsaan di Aula Kodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Rabu 9 Juni 2021.

Menurut Fadel, perubahan dilakukan berdasarkan situasi dan kondisi sekarang sudah berbeda dengan masa yang sebelumnya.

MPR memiliki hak untuk mengubah UUD 1945, sebelumnya perubahan UUD 1945 sudah dilaksanakan sebanyak empat kali atau perubahan keempat.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Dukung Pembukaan Pariwisata Turis Asing di Bali, Harapkan Recovery

"Kami sedang menggodok perubahan yang kelima dari UUD 1945, karena kita merasakan bahwa yaitu dewasa ini terasa berbeda dengan masa-masa yang lalu," kata saat

Dikatakan Fadel, saat orde lama terdapat Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang dijabarkan setiap lima tahun dengan Pembangunan Lima Tahun (Pelita) yang diatur melalui UU.

Pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah perguruan tinggi untuk meminta masukan terkait dengan pembahasan pokok-pokok pikiran tersebut untuk menghindari adanya tumpang tindih aturan.

"Sekarang, setelah kita evaluasi, kadang-kadang ada tumpang tindih di pusat dengan di daerah. Kenapa, kerena dirasakan kita tidak memiliki haluan negara. Maka berbagai masukan di MPR saat ini kita perlu untuk membuat pokok-pokok, kita sebut sementara ini namanya pokok-pokok haluan negara," katanya.

Pokok-pokok haluan negara ini, kata pria yang aktif berkecimpung di dunia politik ini, ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved