Breaking News:

Berita Klungkung

Pasca Banjir, Hari Ini Akan Dilakukan Pengerukan di Sungai Candi Gara Klungkung

Pasca banjir di Dusun Bingin, Desa Kusamba, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung berkoordinasi dengan pihak BWS (Balai Wilayah Sungai) Bali-Peni

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Noviana Windri
ist
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan pihak BWS saat meninjau kondisi muara Sungai Candi Gara di Desa Kusamba, Klungkung, Kamis (10/6). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pasca banjir di Dusun Bingin, Desa Kusamba, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung berkoordinasi dengan pihak BWS (Balai Wilayah Sungai) Bali-Penida.

Kamis 10 Juni 2021, rencananya akan dilakukan penangnan jangka pendek, berupa normalisasi alur Sungai Candi Gara.

"Sebenarnya telah kami lakukan penanganan dari tahun 2016 sampai 2018. Walau ini kewenangan BWS, sebelulnua Pemkab Klungkung yang tangani karena sifatnya emergency atau darurat," ujar Suwirta, Kamis 19 Juni 2021.

Tahun 2018 lalu, Pemkab Klungkung juga telah bersurat ke BWS untuk melakukan penangnan ke Sungai Candi Gara.

Hanya saja sifatnya masih usulan.

" Kenyataannya pendangkalan Sungai Candi Gara tidak hanya disini (hilir). Hampir suluruhnya mengalami pendangkalan," ungkap Suwirta.

Kesulitan Air Bersih Pasca Banjir, Warga Kusamba Klungkung Sempat Mengungsi ke Rumah Kerabat

Terkait hal ini, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak BWS. Upaya ini pun mendapatkan tanggapan,  dengan datangnya pihak BWS ke Desa Kusamba, Kamis 10 Juni 2021.

" Hari ini mereka (BWS) turun. Pemanganan jangka pendek, hari ini dilakukan normalisasi dengan pengerukan di Sungai Candi Gara, termasuk di bawah jembatan yang sempit.

Pihaknya juga menugaskan  itansi terkait untuk membuat perencanaan secara menyeluruh terhadap Sungai Candi Gara, sehingga banjir tidak lagi terjadi.

" Saya juga meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Saya lihat tadi banyak sampah, dan itu yang juga membuat banjir," ungkap Suwirta. (Mit)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved