Breaking News:

Sponsored Content

Permudah Penjadwalan Kegiatan Pimpinan Daerah Melalui SEPIION

Pemkab Klungkung meluncurkan aplikasi SEPIION (Sistem Penjadwalan Kegiatan Pimpinan Online)

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Permudah Penjadwalan Kegiatan Pimpinan Daerah Melalui SEPIION 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung meluncurkan aplikasi SEPIION (Sistem Penjadwalan Kegiatan Pimpinan Online), yang merupakan sebuah inovasi sebagai solusi untuk mempermudah penjadwalan kegiatan pimpinan daerah dengan cepat dan sederhana secara online.

Aplikasi ini dibuat berbasis android dengan dua versi, satu versi untuk internal pegawai yang terkait dengan layanan pimpinan misalnya para ADC, staf protokol, sekretaris pimpinan (sespri) dan staf agenda.

Sementara, satu versi lagi bagi masyarakat atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkepentingan mendapatkan jadwal kehadiran pimpinan.

"Jadwal pimpinan yang dilayani secara online yaitu jadwal bupati dan wakil bupati. Aplikasi sudah dapat di unduh di google play store," ujar Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Klungkung, I Gusti Ngurah Made Suarba, Kamis 10 Juni 2021.

Baca juga: Tahun 2021, Pemkab Klungkung Dapat Jatah 484 PPPK untuk Formasi Guru

Manfaat utama aplikasi ini adalah mempercepat dan mempermudah layanan permohonan jadwal pimpinan.

Untuk internal, aplikasi dapat mempercepat respon terhadap permohonan jadwal karena secara otomatis akan terkoordinasi diantara pimpinan, staf ADC dan Sespri.

Manfaat lain akan tercipta administrasi jadwal pimpinan secara digital.

Sementara untuk eksternal, aplikasi ini mempermudah setiap OPD atau masyarakat untuk mengajukan jadwal kehadiran pimpinan, misalnya untuk menghadiri suatu udangan, audiensi, seremonial atau kegiatan lainnya.

Permohonan jadwal pimpinan dapat diinput langsung di aplikasi, dan akan mendapat respon oleh admin yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Klungkung.

"Mencermati fitur-fitur dan fungsi yang terdapat pada aplikasi ini, kami berpendapat aplikasi ini memang benar-benar dibutuhkan dalam memberikan layanan keprotokolan, khususnya administrasi dan koordinasi agenda pimpinan daerah dengan efektif dan efisien. Aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja layanan kepada pimpinan. Diharapkan aplikasi ini dapat mendekatkan pimpinan dengan masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin besar," harapnya.

Pemanfaatan aplikasi ini perlu diawali dengan sosialisasi, terutama pemahaman manfaat dan cara penggunaan.

Sosialisasi diberikan kepada seluruh OPD dan masyarakat.

Legalitas layanan juga perlu diupayakan dengan keputusan bupati.

"Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan karena merupakan inovasi, maka sudah tentu akan ditemui kekurangan dan kelemahan. Kami berkomitmen agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan optimal, maka pengembangan dan penyempurnaan diperlukan," pungkasnya. (*).

Baca juga: Pemkab Klungkung Terapkan ”SIADA”, Surat Menyurat dengan Sistem Elektronik di Desa dan Kelurahan

Kumpulan Artikel Klungkung

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved